Aliansi Sipil Untuk Keadilan Agraria, Gelar Aksi Hari Tani Nasional

Aliansi Sipil Untuk Keadilan Agraria, Gelar Aksi Hari Tani Nasional

Makassar, Cakrawalaide.com – Aliansi Masyarakat Sipil Untuk Keadilan Agraria menggelar aksi di Fly Over, jalan Pettarani dan Kantor Gubernur SUL-SEL, dalam memperingati hari Tani Nasional, Senin (24/09/2018).

Massa aksi berkumpul dan melakukan orasi di Fly Over kemudian long march menuju kantor Gubernur Sulsel.

Dalam aksi ini, massa aksi membawa 7 buah tuntutan dan mengabarkan bawah Sulawesi Selatan darurat agraria.

Menurut Badai, aksi ini dilakukan untuk memperingati hari Tani Nasional sekaligus mengabarkan bahwa Sulawesi Selatan darurat agraria, “aksi ini bertujuan memperingati hari Tani Nasional ke-58 dan mempertegas bahwa konflik agraria di Sulawesi Selatan itu menandakan Sulawesi Selatan darurat agraria,” jelasnya.

Ia juga menambahkan investasi di sektor kelola rakyat harus segera dicabut dan hentikan kriminalisasi, teror terhadap pejuang agraria.

Cakra salah satu peserta aksi yang juga merupakan mahasiswa Universita Negeri Makassar mengatakan, alasannya melibatkan diri dalam aliansi atas kekhawatirannya melihat maraknya konflik agraria di Sulsel, “ini adalah murni kesadaran keprihatinan melihat konflik perampasan tanah petani yang akhir-akhir ini sering terjadi di beberapa daerah di Sulawesi Selatan,” ucapnya.

Aliansi Masyarakat Sipil Untuk Keadilan Agraria mendesak dan menuntut komitmen presiden Jokowi, Gubernur Sulawesi Selatan dan Bupati/Wali Kota Se-Sulawesi Selatan agar menjalankan visi-misi pembangunan dengan tidak memfasilitasi pemilik modal dan korporasi besar dan lebih berpihak kepada petani, nelayan, buruh, dan kelompok-kelompok rentan lainnya.

Penulis : Fif
Red : Izhan Ide

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.