AMU Gelar Aksi Pra Kondisi Hari HAM

AMU Gelar Aksi Pra Kondisi Hari HAM

Penulis: Agung Izzulhaq

Makassar, Cakrawalaide.com- Aliansi Mahasiswa UMI (AMU), melaksanakan aksi dalam rangka menuju hari Hak Asasi Manusia (HAM) di depan gedung rektorat kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI). Kamis, (09/12/2021).

Amrin selaku Humas aliansi menjelaskan bahwa aksi ini merupakan aksi pra kondisi sebelum hari HAM yang jatuh pada tanggal 10 Desember 2021 besok.

“Kami akan bergabung dalam aliansi besar yakni Komite Hari HAM pada aksi besok. hari ini kami hanya pra kondisi untuk mengajak semua mahasiswa UMI agar bergabung dan memperingati hari HAM,”. Jelasnya

Amrin juga menambahkan harapannya agar aksi hari ini menjadi awal dari kesadaran mahasiswa UMI terhadap isu-isu yang sedang berkembang di kampus dan tentunya pihak birokrasi kampus mendengar tuntutan dari aliansi.

“Harapan kami setelah melakukan aksi ini itu adanya tindak lanjut maupun diindahkan apa yang menjadi tuntutan kami pada aksi kali ini,” tambahnya.

Lanjut, Alex jendral lapangan mengatakan pelanggaran HAM juga terjadi di dalam kampus dan kampus sebagai representasi dari sebuah negara ikut melanggengkan hal tersebut.

“Kampus menjadi pelaku pelanggaran HAM di ruang lingkup kampus. Mulai dari mahalnya BPP, uang KKN yang tidak diketahui lari kemana, kriminalisasi dua mahasiswa, juga yang lainnya yang tentunya ini harus diusut secara tuntas dan pelaku-pelaku yang harus diadili secara hukum  tanpa adanya pilih kasih,” tutupnya.

Adapun tuntutan Aliansi adalah sebagai berikut:

  1. Keterbukaan informasi mengenai tranparansi anggaran di kampus UMI.
  2. Revisi buku saku.
  3. Hentikan kekerasan akademik.
  4. Hentikan intervensi terhadap lembaga mahasiswa.
  5. Hentikan pelarangan jam malam.
  6. Gratiskan BPP selama perkuliahan daring.
  7. Libatkan mahasiswa dalam menerapkan aturan dan pengambilan kebijakan.
  8. Segera terapkan PERMENDIKBUD No.30 tahun 2021.

Redaktur: Nunuk Parwati S

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *