AMU Tergabung Dalam Komite Aksi HAM, Peringati Hari HAM Internasional.

AMU Tergabung Dalam Komite Aksi HAM, Peringati Hari HAM Internasional.

Penulis : Nurul Apriliya M

Makassar, Cakrawalaide.com – Aliansi Mahasiswa UMI (AMU) yang tergabung dalam Aliansi Besar Komite Aksi Hak Asasi Manusia (HAM), gelar aksi peringatan Hari HAM Internasional yang berlangsung di Fly Over Makassar, Jumat (10/12/21).

Pada pukul 15.10 Aliansi Mahasiswa UMI (AMU) mengawali aksi dengan melakukan Long March mengelilingi kampus UMI, sembari meneriakkan seruan aksi Hari HAM Internasional di depan setiap Fakultas yang dilewatinya.

“Yang mau perubahan, Ayo gabung!”

Itulah kalimat yang senantiasa didengungkan oleh barisan massa aksi.

Setelah itu, massa aksi bergerak menuju titik kumpul di depan Masjid Agung 45 dengan membentangkan spanduk bertuliskan “Hentikan Pelanggaran HAM dan Wujudkan Demokratisasi kampus” , untuk segera bergabung dengan 17 Organ lainnya yang ternaung dalam Komite Aksi HAM.

Saat tiba di lokasi aksi, Alex sebagai perwakilan dari AMU menyatakan dalam orasinya bahwa negara telah melakukan berbagai pelanggaran HAM, yang juga turut merembes ke ranah pendidikan yaitu kampus.

“Kawan-kawan UMI yang dikriminalisasi oleh kampus, menggambarkan bahwa hak kita sebagai mahasiswa direnggut oleh kampus yang berdampingan oleh negara,” ungkapnya.

Nuga salah satu massa aksi juga turut menuturkan bahwa negara tidak memenuhi kebutuhan rakyatnya, yang terbukti dari maraknya kasus pelanggaran HAM yang terjadi di indonesia.

“Banyaknya perampasan lahan seperti yang terjadi di Bara-Barayya, Semanggi dan di daerah-daerah lainnya membuktikan bahwa negara telah merampas hak rakyat,”
Ujar dalam Orasinya.

Massa Komisi Aksi HAM bubar pada pukul 18.00, Aliansi Mahasiswa UMI melanjutkan Aksi solo di depan Kampus UMI hingga pukul 18.40 WITA.

Redaktur : Muh. Abirama Putra

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *