Rektor UMI Bekali Akhlak Dalam Pergaulan ke Mahasiswa KKN

Pembekalan KKN Reguler angkatan 57 / foto : icha
Pembekalan KKN Reguler angkatan 57 / foto : icha

Makassar, cakrawalaide.com – Pembekalan & pencerahan qalbu mahasiswa KKN reguler yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Dakwah (LPMD) Universitas Muslim Indonesia (UMI) untuk gelombang tiga belas hari ini dilaksanakan di Kampus IV UMI.
Kegiatan ini dibuka oleh Hj. Masrurah Mokhtar, selaku Rektor UMI yang kemudian dilanjutkan oleh materi akhlak dalam pergaulan. Dalam materinya, Masrurah mengatakan, “ada 7 kata yang disajikan dalam Al-Quran yang harus kita perhatikan baik-baik yakni, kata-kata yang baik, kata-kata yang berkesan, kata-kata yang sopan, kata-kata yang berat, kata-kata yang menghormati, kata-kata yang menggembirakan, dan kata-kata yang lembut,” Senin(24/10).
Yang perlu di perhatikan adalah mengapa budaya perkataan ini dibudayakan di luar negeri, “coba perhatikan, sampai bungkuk, orang barat itu selalu panggil honey terhadap istri atau suaminya. Sedangkan kita di Indonesia, kalau tua begini panggil yayang malah akan dikatai lebay dan segala macam,” tambahnya.
Tak hanya itu, di Indonesia itu memiliki budaya begini. Ilustrasinya depan mahasiswa, “Dalam ilmu linguistik, di Indonesia itu semakin dekat seseorang dengan orang lain, atau sahabatnya maka semakin sering itu kata-kata buruk keluar, tapi ananda-ananda sekalian, nanti kalau kalian KKN tolong jangan sampai Anda ketemu orang di jalan lalu katakan, hei setan dimana rumahnya kepala desa ?, Jangan sampai Ananda bawa kebiasaan buruk ini,” himbaunya.
Materi akhlak dalam pergaulan yang dibawa oleh Masrurah sangat mengundang tawa mahasiswi yang tergabung dari Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Agama.

Penulis : Israwati Nursaid

Red : Hutomo

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *