Asmar Exwart : Reklamasi Bukan Untuk Perbaikan, Tapi Kepentingan Bisnis Properti

Ruang yang tergadai / Foto : Cappa
Ruang yang tergadai / Foto : Cappa
Makassar, Cakrawalaide.com – kawasan Pesisir Makassar adalah cermin Makassar. Kawasan Pesisir lokasinya sangat strategis, sehingga diminati para pengembang. Hal tersebut disampaikan Asmar Exwart, selaku Direktur Walhi sulsel dalam diskusi yang bertema ” Ruang publik yang tergadai,” kamis(3/3).

Secara prosedural hukum yang ada, reklamasi bertentangan dengan aturan yang ada. ” Reklamasi bukan untuk perbaikan, tapi untuk kepentingan bisnis properti, sehingga yang diuntungkan adalah kelompok privat,” ujarnya.

Menurutnya, Reklamasi untuk kepentingan privat tak boleh dilaksanakan, Selain berdampak pada kondisi pantai yang direklamasi, Hal tersebut juga akan merugikan nelayan serta pulau – pulau yang ada di sekitarnya. Saat ini kondisi kawasan pesisir Makassar mengalami kerusakan. Salah satunya ekosistem mangrov yang sudah sangat rusak. Disamping merugikan aspek lingkungan reklamasi, juga akan menimbulkan kerugian aspek ekonomi dan sosial budaya.

Hal senada juga disampaikan Imran salah satu warga kota yang juga hadir dalam diskusi, dirinya mempertanyakan Keuntungan masyarakat terhadap CPI. “Sekarang pengembang sudah mulai , Dan yang paling di untungkan pasti pengembang.”ucapnya.

Penulis : Cappa
Red : Hutomo mari

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *