Bakti Sosial Sirkumsisi oleh TBM 110 FK UMI

Makassar, Cakrawalaide.com – Tim Bantuan Medis  (TBM) 110 adalah salah satu Study Club dari Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia ( FK UMI) sedang mengadakan kegiatan Bakti Sosial Sirkumsisi  dalam hal ini sunatan massal gratis untuk masyarakat yang kurang mampu. Kegiatan ini dilakukan untuk sosialisasi secara kemanusiaan, Minggu (05/02).

Kegiatan Bakti Sosial Sirkumsisi menargetkan tujuh puluh anak, Banyak anak yang minat untuk sunat namun ketika melihat jarum suntik si anak tersebut meminta untuk pulang karna takut dengan jarum suntik. Teknik yang digunakan untuk sunatan kali ini adalah teknik dorsumsisi, harapan kedepannya adalah menggunakan teknik pipa seperti menggunakan laser dan alat canggih lainnya,” ujar  Siti Aisyah Jusmadil, Sekretaris Umum TBM 110.

“Namun saat ini metode laser belum pernah diajarkan sebelumnya dan fokus ke metode dorsumsisi yang menggunakan cara manual seperti gunting dan alat medis biasa atau alat medis umum. Kegiatan ini memang  dianjurkan untuk mahasiswa  dalam rangka pendidikan dan pelatihan Anggota Muda.” tambahnya.

TBM sendiri terdiri dari jenjang pendidikan, pelatihan anggota 1  dan pelatihan anggota 2. Jadi, untuk pendidikan dan pelatihan kali ini sudah masuk di bagian ke-II.

Kegiatan yang dilakukan untuk mengisi waktu libur, dan kebanyakan pesertanya  dari kalangan pelajar Sekolah Dasar (SD).

Kata Nani selaku ibu dari peserta mengatakan, “Kayaknya bagus kalau ada kegiatan kayak begini karena mengurangi beban kita sebagai Orang  Tua yang biasa dikatakan kurang mampu dan juga sangat baik dibanding harus datang ke Rumah Sakit. Makan banyak biaya dan ini jugakan gratis makanya saya ambil kesempatan datang kesini dan kebetulan anak saya juga mau.”

Penulis : Unyil

Red : Baso

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.