Colonia, Bagaimana Militer Menjalankan Kekuasaan

movie poster colonia 2016 / foto : google
movie poster colonia 2016 / foto : google
Genre           : Drama, History, Romance
Sutradara     : Florian Gallenberger
Produser      : Christian Becker, Benjamin Herrmann
Penulis         : Torsten Wenzel, Florian Gallenberger
Durasi          : 1 jam 49 menit
Tahun 1973 di kota Santiago de Chile ratusan ribu orang turun ke jalanan dalam rangka mendukung presiden berkuasa Salvador Allende. Allende yang presiden terpilih secara demokratis banyak mendapat ancaman dari lawan politiknya baik itu kelompok militer serta kelompok lain diluar Chile kontra dengan kekuasaan yang dibangun Allende.
Kelompok militer pada saat itu yang di pimpin oleh Augusto Pinochet Sebagai Panglima Angkatan Bersenjata Cile, dia memang jabatan sebagai panglima angkatan bersenjata setelah Roberto Souper di berhentikan sebagai Panglima Angkatan Bersenjata Chile. Augusto Pinochet pada saat itu berhasil mengkudeta Presiden terpelih Salvador Allende, dari tahun 1974 hingga 1990 kediktatoran seorang Pinochet tidak kurang dari 2025 kasus pelanggaran HAM dilakukan oleh rezim Pinochet melalui dinas rahasianya DiNA (semacam Kopkamtib-nya Chile) telah terjadi. 1068 berupa kasus pembunuhan dan 957 kasus orang hilang, dan Sekitar 3.000 orang Chili terbunuh selama masa pemerintahannya
Peristiwa kudeta yang dilakukan Augusto Pinochet terhadap Presiden terpilih Salvador Allende di Chile, diangkat kelayar lebar dan diberi judul Colonia. Dua tokoh utama yakni sepasang kekasih, Lena yang diperankan oleh Emma Watson dan Daniel yang diperankan oleh Daniel Bruhl . Keduanya menjadi korban dari sekian banyak orang yang diculik oleh kelompok militer yang berhasil menjatuhkan kekuasaan Presiden Chile Salvador Allende melalui sebuah kudeta.
Setelah aksi besar-besaran yang dilakukan pendukung Allende, kelompok militer berhasil menjatuhkan kekuasaan. Militer melakukan penangkapan terhadap pendukung Allende. Pendukung yang di tangkap di kumpulkan di satu tempat kemudian kelompok maupun individu yang kontra dengan militer ditangkap dengan mengidentifikasi berdasar oleh keterangan sosok yang ditutup wajahnya dan menjadi saksi untuk memilih pendukung-pendukung Allende. Adapun dari kelompok anti militer kemudian di tembak mati dan ada pula yang di pulangkan dan di asingkan, Daniel salah satu yang di asingkan di selatan Chile di suatu tempat bernama Colonia Dignidad. Colonia Dignidad sendiri adalah sekte keagamaan yang di pimpim oleh Paul Schafer, Paul adalah seorang pendeta biasa di Jerman dia datang ke Chile setelah perang bersama dengan murid-muridnya untuk mendirikan sebuah dunia yang sesuai dengan aturannya.
Tetapi Colinia Dignidad bukanlah tempat bagi aktivitas keagamaan, sekte keagamaan hanyalah sebagai pembungkus untuk menutupi tempat keji yang dilakukan kepolisian rahasia Chile kepada para tahanan. Tempat untuk tersebut memiliki terowongan bawah tanah, dimana penyiksaan kepada tahanan dilakukan dengan cara di strom di pukuli hingga menjadi gila atau bahkan hingga mati, tempat itu juga membuat persenjataan untuk pihak militer.
Lena tidak hanya tinggal diam atas penahanan terhadap kekasihnya Daniel, ia mencari informasi di teman-teman seperjuangan Daniel tetapi jawaban dari teman-temannya tidak sesuai dengan harapan Lena. Sampai akhirnya Lena mendapatkan informasi mengenai tempat di tahannya Daniel, Amnesti Internasional pun membantu Lena untuk ke Colonia Dignidad.
Aktivitas keseharian yang dijalani Lena di Colonia Dignidad penuh akan penyiksaan fisik dengan mengatasnamakan pengabdian kepada tuhan, bukan hanya kejahatan fisik tetapi kejahatan seksual kepada anak juga dilakukan oleh Paul Schafer.
134 hari akhirnya Lena dan Daniel kekasihnya berhasil kabur dari Colonial Dignidad, dengan membawa foto-foto kehidupan yang terjadi di Colonia Dignidad. Setelah keluar dari Colonia Dignidad Lena dan Daniel meminta bantuan Kedubes Jerman agar mereka diterbangkan keluar dari Chile. Namun, keduanya kembali ditangkap dan coba diserahkan ke pihak militer dan Schafer. Beruntung melalui bantuan rekan-rekan Lena yang bekerja pada maskapai penerbangan mereka akhirnya meninggalkan Chile.
Dalam 40 tahun hanya 5 anggota Colonia Dignidad yang berusaha kabur, Foto-foto yang diseludupkan keluar dari Colonia Dignidad telah di publikasikan secara internasional tetapi itu tidak dapat merubah situasi dan tatanan politik di Chile.
Paul Schafer tidak pernah di tuntut sampai berakhirnya rezim Pinochet, dan akhirnya di tangkap di Argentina pada tahun 2004. Paul Schafer dihukum 33 tahun penjara karena ribuan pelecehan seksual terhadap anak dan kejahatan lainnya, dia meninggal di penjara Santiago pada tahun 2010.
Dalam film ini, dalam proses penggulingan kekuasaan yang berhaluan sosialis Salvador Allende perebutan kekuasaan yang dilakukan oleh kelompok militer, adapun dalam proses perebutan kekuasaan yang dibantu oleh Amerika Serikat melalui Operasi Jakarta. Presiden AS, Richard Nixon menggunakan CIA untuk membantu militer Chile dalam mengkudeta Allende dan menaikkan Panglima Bersenjata Chile Augusto Pinochet. Proses penggulingan di Chile 1973 ini mirip dengan perebutan kekuasaan di Indonesia, campur tangan Amerika Serikat dalam penggulingan Presiden Soekarno dengan cara kotor dan berdarah tahun 1965-1967.
Penulis : Asrul

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.