Cuaca Buruk Melanda Makassar dan Sekitarnya, Ini Penyebabnya

Cuaca Buruk Melanda Makassar dan Sekitarnya, Ini Penyebabnya

Makassar, Cakrawalaide.com – Kepala Sesi BMKG, Andi Cahyadi menuturkan, bahwa Makassar dan sekitarnya memang sedang berada dalam musim hujan dan angin barat. “Makassar dan sekitarnya, terutama pesisir barat Sulawesi Selatan memang memasuki puncak musim hujan dan angin baratan,” tutur Andi lewat chat WhatsApp, Rabu (23/04/2019).

Menurut Andi cuaca buruk untuk wilayah Makassar dan sekitarnya kemungkinan akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

“Ini karena wilayah makassar dan sekitarnya merupakan daerah pertemuan massa udara basah yang menyebabkan banyaknya awan hujan. Selain itu suhu muka air laut yg hangat dan kelembaban tinggi menjadi penyebabnya. Hal ini akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan,” ungkap Andi.

“Fenomena normal yg sering terjadi curah hujan tinggi disertai angin kencang terutama pada dini hari hingga pagi hari. Kemudian sore menjelang malam. Bahkan hujan relatif terjadi sepanjang hari”

Berdasarkan data perkiraan cuaca tanggal 23 Januari 2019 yang dihimpun awak cakrawalaide.com dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar, bahwa pagi hari hujan ringan dan berpotensi hujan sedang di wilayah Makassar, Gowa, Jeneponto, Benteng.  Hujan lebat di wilayah Takalar. Kecuali, berawan di wilayah Enrekang, Malili, Makale, Rantepao, Belopa, Sidrap, dan Palopo.

Siang/sore hari hujan  ringan dan berpotensi hujan sedang di wilayah Maros, Pangkep Takalar.  Kecuali, berawan di wilayah Enrekang, Malili, Makale, Rantepao, Belopa, Sidrap, dan Palopo.

Malam hari hujan ringan dan berpotensi hujan sedang wilayah Makassar, Gowa, Takalar, Barru. Berawan di wilayah Enrekang, Makale, Rantepao, Belopa, Watansoppeng, dan Palopo.

Dini hari berawan dan berpotensi Hujan ringan di wilayah Makassar, Sungguminasa, Pangkep, Takalar, Barru. Hujan sedang di wilayah Maros.

Peringatan Dini, waspada potensi hujan sedang dan lebat disertai angin kencang di wilayah Takalar, Gowa, Makassar, Maros, Pangkep, dan Barru.

Penulis : Pade Salay
Red : Izhan Ide

Sumber gambar : makassar.tribunnews.com

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.