Gua Salukang Kallang Jadi Lokasi Kenal Medan TWKM

Makassar, cakrawalaide.com – Mapala UMI Makassar panitia TWKM 28 Mapala se Indonesia devisi Penelusuran Gua (Caving) telah melakukan survey di Gua Salukang Kallang Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Survey penelusuran Gua Salukang Kallang di lakukan sejak dini karena gua ini merupakan gua horizontal terpanjang di Indonesia. TWKM sebelumnya (2009) yang juga dilaksanakan di Sulawesi Selatan telah memprkenalkan Gua Leang Pute sebagai gua vertikal terdalam di Indonesia dan kali ini Mapala UMI Makassar akan memperkenalkan surga bawah tanah yang ada di Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Maros yaitu Gua vertikal terpanjang di Indonesia Gua Salukang Kallang.

Mapala UMI Makassar memilih Kabupaten Maros sebagai Lokasi Kenal Medan Mapala se Indonesia untuk penelusuran gua karena kekayaan wisata alamnya yang sangat berbeda dari tempat wisata alam daerah–daerah lainnya. Kabupaten Maros memiliki surga di bawah tanah yang sangat jarang di kunjungi oleh para wisatawan di Sulawesi Selatan maupun di seluruh Indonesia.

Adapun maksud dan tujuan Panitia TWKM 28 Mapala se Indonesia untuk memperkenalkan kepada seluruh Indonesia maupun seluruh dunia bahwa Sulawesi Selatan memiliki banyak kawasan wisata alam. TWKM Mapala se Indonesia merupakan kegiatan nasional yang di lakukan setiap tahun oleh Mapala se Indonesia baik dari perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Mapala yang terpilih sebagai tuan rumah merupakan dari hasil kesepakatan TWKM sebelumnya, TWKM ini terbagai menjadi dua yaitu Temu Wicara (TW) dan Kenal Medan (KM). pada Temu Wicara (TW) inilah setiap anggota dari Perwakilan Mapala membahas permasalahan lingkungan hidup baik yang sudah, sedang dan yang akan terjadi. Sedangkan Kenal Medan (KM) merupakan pengenalan alam sekitar.

Ilham Hidayat yang merupakan anggota tim dari devisi penelusuran gua saat melakukan survey di Lokasi Kenal Medan Gua Salukang Kallang mengatakan, survey yang dilakukan di gua Salukang Kallang memang sejak dini dilakukan, selain gua ini merupakan gua vertical terpanjang di Indonesia survey ini dilakukan sejak dini juga untuk meminimalisir resiko yang kemungkinan akan terjadi di lokasi Kenal Medan saat kegiatan berlangsung.

“lokasi Kenal Medan Gua Salukang Kallang saat kami melakukan survey keadaanya cukup memungkinkan hanya saja perlu di lakukan survey yang rutin karena ada banyak sampah di sekitar gua maupun di dalamnya guna untuk mempermantap lokasi untuk kegiatan nantinya”tutur Herdiansyah saputra saat ditemui tim publikasi dan dokumentasi saat usai melakukan survey,” ujarnya.

Penulis :Nunung
Red : Hutomo

redaksi

One thought on “Gua Salukang Kallang Jadi Lokasi Kenal Medan TWKM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.