Hadiri Pameran Benda Pusaka, FPP Selle Bessi Pamerkan 16 Bilah

Hadiri Pameran Benda Pusaka, FPP Selle Bessi Pamerkan 16 Bilah

Makassar, cakrawalaide.com – Ratusan benda pusaka dari beberapa komunitas, serta non komunitas di pamerkan dalam kegiatan pameran benda pusaka, yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, dan Pariwisata Makassar ota Makassar di benteng Fort Rotterdam, Sabtu (20/10/2018).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut hari jadi sulawesi Selatan yang ke 349 tahun dimana ratusan benda pusaka berbagai macam dan jenisnya terpajang di ruang museum La Galigo.

Salah satu komunitas pecinta benda pusaka yaitu FPP Selle Bessi, menuturkan bahwa kegiatan ini masih ada yang kurang dari sudut edukasi, dan silahturahmi antar komunitas belum terarah.

“Masih kurang ter arah output nya seperti tidak adanya seminar tentang budaya pusaka, tudang sipulung bersama tiap komunitas seperti matompang bersama (membersihkan benda pusaka),” Oka (FPP Selle Bessi).

Oka juga juga menambahkan, bahwa di balik kekurangan ada juga manfaatnya.

“Seperti menambah referensi jenis – jenis bilah atau benda pusaka dan kegunaannya,” tambahnya.

Komunitas dari FPP SELLE BESSI memamerkan 16 bilah yaitu sudang, badik Luwu, badik gecong, badik sari, badik raja, dan lain – lain.

Kegiatan pameran benda pusaka akan berakhir pada Senin 22 Oktober 2018, tidak hanya pameran pusaka namun ada juga kegiatan Makassar Tradisional Game Festival (MTGF), Dari kegiatan tersebut dapat memperkenalkan kembali kepada masyarakat tentang ke arifan lokal budaya di Sulawesi Selatan yang masih lestari bagi pecintanya.

Penulis : Eki

Red : Shim

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.