May Day, Aliansi Gerak Buruh Aksi Peduli Pendidikan

May Day, Aliansi Gerak Buruh Aksi Peduli Pendidikan

Makassar, cakrawalaide.com – Sejumlah organisasi yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Rakyat untuk Buruh (Gerak Buruh) menggelar aksi dalam momentum May Day di Flyover, jalan Urip Sumoharjo, Selasa (01/05).

MayDay adalah salah satu bukti sejarah perjuangan kaum buruh. Para kaum buruh yang bekerja selama 20 jam lamanya ditambah lagi tidak diberikan upah sesuai dengan hasil kerja mereka.

 Kaum buruh Indonesia juga memiliki sejarah kelam. Dimana buruh berjuang melawan penindasan dari sistem penjajahan kapitalisme, demi memperjuangkan negara Indonesia yang mandiri dan berdaulat secara ekonomi, hukum, politik, pendidikan , dan kebudayaan.

Hari ini dimana Indonesia yang dipimpin pemerintahan Jokowi-Jk, semakin terpuruk dalam sistem ekonomi, hukum, politik, pendidikan , dan budaya. Apalagi diera pemerintahan Jokowi-Jk yang sudah beranjak 3 tahun lebih, kehidupan para kaum buruh semakin tercekik dikarenakan banyaknya kebijakan-kebijakan pemerintah yang keluar diperuntukkan untuk para kaum pemodal. Seperti halnya kebijakan PP NO. 78/2015 tentang politik upah murah. Yang menjadi  kesenangan para pemilik modal, belum lagi ditambah dengan kebijakan pemerintah tentang magang yang berdampak pada PHK.

  Aksi Gerak Buruh mengangkat soal pendidikan Indonesia yang semakin hari semakin jauh dari amanat UUD 1945 yang berbunyi “mencerdaskan kehidupan bangsa”. Apalagi semenjak terbitnya UU NO. 20/2003 dan UU NO. 12/2012 tentang perguruan tinggi dan otonomi kampus. Secara tidak langsung semakin nampak para pemodal ingin menanam saham di wilayah pendidikan itu sendiri.

Ibu Hasniati selaku Humas mengatakan bahwa dalam aksi kali ini buruh juga mengangkat isu pendidikan karena melihat kondisi mahasiswa yang sering ditekan oleh birokrasi kampus, selain itu dalam aliansi terdapat mahasiswa yang menggabungkan diri untuk ikut berjuang bersama buruh.

 “Soal isu pendidikan kita juga angkat karena ada juga dari aliansi ini sebenarnya ada sebagian dari teman-teman mahasiswa yang melebur di aliansi kita dan kita juga peduli terhadap pendidikan dan buruh juga peduli terhadap pendidikan hari ini, kita bisa melihat di kampus – kampus bagaimana birokrasi kampus itu menekan teman-teman mahasiswa untuk itu kami sangat peduli dengan teman-teman mahasiswa soal pendidikan karena jelas mahasiswa itu salah satu bagian dari aliansi gerakan kami” Tutur Hasniati.

Penulis: Suharfin Karno
Red : Id

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *