Menghindari Skripsi Terima Beres, BEM FIKOM UMI Gelar Workshop Penulisan

Workshop Penulisan Karya Tulis Informatika / FOTO: Yudha
Workshop Penulisan Karya Tulis Informatika / FOTO: Yudha
Makassar, CakrawalaIDE.com – Mahasiswa tingkat akhir sering kali disibukkan bahkan dibuat galau dengan yang namanya tugas akhir / skripsi yang terkhusus dengan jurusan teknik informatika. Dilema dalam penentuan judul, pengumpulan data, maupun teknik penulisan dalam karya tulis adalah latar belakang Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia (BEM FIKOM UMI) mengadakan workshop penulisan karya tulis informatika agar dapat lebih memudahkan dan memberi pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana menyusun karya tulis, Sabtu(30/1).

Workshop penulisan karya tulis informatika yang diadakan di Aula Fakultas Ilmu Komputer, diisi dengan materi – materi seputar cara dan teknik penyusunan skripsi. Adapun responden dalam acara tersebut yaitu 18 dosen Fakultas Ilmu Komputer yang berasal dari peminatan ataupun konsentrasi yang digelutinya masing – masing, “Maksud diadakannya kegiatan tersebut agar mahasiswa dapat memahami dan mengetahui bagaimana teknik penyusunan skripsi dengan baik dan benar,” Ungkap Poetri Lestari L Belluano,S.Kom, M.T, salah seorang responden dalam kegiatan tersebut.

Terkadang juga banyak mahasiswa yang lebih memilih skripsinya dikerjakan alias terima beres, maka dari itu setelah diadakannya kegiatan ini, Mereka lebih mudah lagi dalam penulisan dan teknik penyusunan skripsinya,” Harapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Yulita Salim S.Kom, M.T selaku ketua jurusan. “Kegiatan ini sangatlah bermanfaat dan lebih memberikan pemahaman yang menjurus tentang tiga konsentrasi yang ada pada Program Studi Teknik Informatika yakni Rekayasa Perangkat Lunak, Informatika Industri, dan Jaringan.”

Disela – sela workshop, kami mengelompokkan peserta sesuai dengan peminatan atau konsentrasinya. Kemudian, kami saling bertukar pikiran dan pemahaman terkait cara dan teknik penulisan skripsi, Lanjutnya.

Peserta yang sempat menghadiri kegiatan tersebut rata – rata mahasiswa tingkat akhir dan mayoritas dari FIKOM UMI. Adapun tema dalam workshop tersebut yakni Tips dan Trik Membangun Ide Kreatif dalam Pengembangan Karya Tulis Informatika. Sebagaimana yang kebanyakan terjadi dalam realita, banyak mahasiswa yang skripsinya dikerjakan karena mereka tidak mengetahui cara dan teknik penulisan skripsi. Berharap setelah diadakannya kegiatan ini mahasiswa tingkat akhir lebih paham dan mudah lagi dalam penyusunan skripsinya, Tutur Muh. Ikhsan selaku ketua panitia dalam kegiatan ini.


Penulis : Yudha
Red : Hutomo

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *