Peringati May Day, GERAK BURUH: Bangun Kekuatan Politik Alternatif

Peringati May Day, GERAK BURUH: Bangun Kekuatan Politik Alternatif

Makassar, Cakrawalaide.com – Aliansi Gerakan Rakyat untuk Buruh (Gerak Buruh) memperingati Hari Buruh Internasional atau yang disebut sebagai May Day dengan menyerukan “Bangun Kekuatan Politik Alternatif,” di Fly Over, Rabu (01/05/2019).

Menurut Gerak Buruh sistem politik dan seluruh partai sekarang ini tidak ada yang merepresentasikan kepentingan rakyat, hanya mementingkan segelintir pemilik modal yang terus menggerogoti hak-hak rakyat.

Dari kedua pasangan calon presiden dan wakilnya, tidak ada satupun yang membahas permasalahan yang tengah dihadapi oleh buruh. Gerak Buruh menilai banyak regulasi yang dibuat oleh negara yang bertolak belakang untuk kesejahteraan buruh, dari PP No.78 Tahun 2015, Peraturan Mentri No. 36 Tahun 2016, hingga yang terbaru surat edaran Mahkamah Agung No.3 Tahun 2018. Maka dari itu rakyat harus membangun politik alternatif.

“Dengan melihat situasi hari ini bahwa politik borjuasi tidak pernah mensejahterakan rakyat, maka kita butuh politik alternatif,” ujar Fikram salah satu peserta aksi.

Lanjut Fikram, adanya politik alternatif dengan membentuk partai politik sebagai kendaraannya yang bersifat partisipatif, dimana rakyat dapat mengambil bagian dalam dunia politik dan merangkum semua elemen masyarakat terkhusus kelas pekerja.

“Dimana politik yang partisipatif dapat mengakomodir semua kepentingan rakyat secara menyeluruh,” jelasnya.

Sementara itu, Kadir selaku salah satu peserta aksi berpendapat bahwa di Indonesia harus mengadakan politik alternatif agar hak-hak rakyat dapat dikendalikan oleh rakyat itu sendiri bukan penguasa yang lebih mementingkan pengusaha dan investor.

“Politik alternatif sangatlah penting untuk dibangun, karena Indonesia telah terkomplikasi atas kesewenang-wenangan penguasa dan kebiadaban pengusaha,” tukasnya.

Penulis : Cul

Red : Cung

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *