Solidaritas Rakyat Makassar Peduli Sukoharjo: Bebaskan Aktivis Pejuang Lingkungan Penolak PT RUM

Solidaritas Rakyat Makassar Peduli Sukoharjo: Bebaskan Aktivis Pejuang Lingkungan Penolak PT RUM

Makassar, cakrawalaide.com – Aliansi Solidaritas Rakyat Makassar Peduli Sukoharjo menggelar aksi di Fly Over, jalan A Pettarani, Kamis (31/05/2018). Aksi tersebut dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia

Dalam tersebut mereka menuntut untuk tutup PT Rayon Utama Makmur (RUM), bebaskan aktivis pejuang lingkungan penolak PT RUM (Iss, Kelvin, Brilian, Sukemi, Danang dan Sutarno), kepada Polda Jawa Timur dan Polres Sukoharjo, hentikan pengusutan terhadap rakyat yang memperjuangkan udara bersih di Sukoharjo.

Jendral lapangan, M. Fajrin A Z mengatakan,
bahwa aksi dilakukan sebagai bentuk solidaritasĀ  untuk membebaskan aktivis pejuang lingkungan penolak PT RUM Sukoharjo, Iss, dan lima aktivis lingkungan lainnya.

“Kami menuntut kepada Polda Jawa Tengah dan Polres Sukoharjo untuk segera bebaskan aktivis lingkungan yang memperjuangkan udara segar di Sukoharjo,” ungkap Fajrin.

Ia menambahkan, bahwa permasalahan yang terjadi di Sukoharjo disebabkan oleh PT RUM.

“PT RUM adalah sumber permasalahan yang ada di Sukoharjo, jadi kami juga menuntut PT RUM untuk ditutup,” tambahnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Amriadi, selaku Humas dalam aksi tersebut menyatakan sikap dan menuntut untuk menghentikan kriminalisasi aktivis pejuang rakyat.

“Kami juga dengan tegas menolak kriminalisasi terhadap aktivis pejuang lingkungan yang menuntut PT RUM,” jelasnya.

Diakhir aksi solidaritas tersebut mereka meminta kepada Polda Jawa Tengah, usut laporan warga atas nama Toko nomor STTLP/135/XII/2017/Jateng/Res.Skh tanggal 13 Desember 2017 tentang perusakan lingkungan hidup berupa bau dan pembuangan air limbah di sungai Gupit sampai dengan Bengawan Solo.

Penulis : Faris
Red : Izhan Ide

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.