Bazar Diskusi UPPM-UMI dalam Memperingati Hari Tani Nasional

10320465_847029468663456_672236927734467502_n
bazar diskusi uppm umi / foto: gita

Makassar, cakrawalaide.com – Unit Penerbitan dan Penulisan Mahasiswa (UPPM) mengadakan bazaar diskusi terkait memperingati hari Tani Nasional di Caffee Danau, Pintu nol Unhas, Senin (22/09).

Bazaar diskusi yang bertema “Agraria dan Masa Depan Tani Indonesia” ini di hadiri oleh berbagai elemen kampus, baik dari lembaga pers mahasiswa se-Makassar, maupun lembaga-lembaga kemahasiswaan dan LSM yang ada di kota Makassar

Dalam acara bazaar diskusi tersebut, narasumber pertama, Dr. Zainuddin mengatakan konflik agraria yang terjadi selama ini memang menjadi suatu fenomena pahit di Indonesia, seperti perampasan lahan masyarakat dengan cara di gusur. “Perampasan tanah masyarakat bahkan di dukung oleh produk hukum, yang kemudian dipakai sebagai dasar pembenaran untuk mengeksekusi lahan masyarakat” ujarnya.

Diapun menambahkan selain pembenahan regulasi terkait dengan permasalahan Agraria, juga perlu perbaikan struktur yang berhubungan dengan agraria di Indonesia. Menurut narasumber kedua, Firmansyah, program MP3EI yang di usung oleh pemerintah juga turut memperburuk permasalahan agraria, khususnya dampaknya pada petani dan masyarakat kecil. “Seharusnya, perlu ada suatu upaya bersama dalam melawan setiap kebijakan penguasa yang notabenenya menguntungkan segelintir orang.” Pungkasnya.

Maraknya permasalahan agraria di Indonesia, khususnya kota Makassar seperti penggusuran di Pandang Raya pada tanggal 12 September lalu harusnya menjadi perhatian kita semua. Dan perlu konsistensi untuk selalu mengawal setiap kebijakan pemerintah yang berhubungan dengan permasalahan agraria dan masa depan tani nasional.

Penulis: Mat.
Red: Her

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *