Energi Terbarukan dan Ketahanan Energi Nasional

Energi Terbarukan dan Ketahanan Energi Nasional

Makassar, cakrawalaide.com – Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (UMI) mengadakan seminar berskala nasional dengan tema “Pengoptimalan Energi Baru Terbarukan Untuk Menjamin Ketahanan Energi Nasional,” Auditorium Aljibra, kampus II UMI, Senin (26/11/2018).

Kegiatan ini merupakan seminar berskala nasional yang pertama kali diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro. Kegiatan ini tidak hanya dikhususkan untuk mahasiswa UMI saja melainkan dibuka secara umum

Menurut ketua panitia Seminar Nasional, Zaenal Abidin mengatakan, dengan diadakannya kegiatan tersebut semoga dapat menambah pengetahuan mahasiswa terkait pembaharuan energi dan dapat menaikkan akreditasi jurusan Elektro sendiri.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini hanya untuk menambah wawasan peserta mengenai energi yang diperbaharukan dan tentunya untuk menaikkan akreditasi fakultas Teknik Elektro sendiri dan adapun dukungan dari fakultas sendiri berbentuk materi,” ujar Zaenal.

Salah satu pemateri dari Dinas Provinsi Sul-Sel bagian Analisis Pengembangan Energi, Supriyanto mengatakan bahwa pentingnya membangun pemahaman bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa Teknik.

“Mahasiswa diharapkan mampu melakukan praktek langsung di lokasi sebagai studi kelayakan agar pembangunan lebih layak,” ungkap Supriyanto.

Ia juga menambahkan, bahwa materi kuliah terkait pembaharuan energi itu perlu diselaraskan dengan parkateknya. Hal ini juga untuk menunjang kualitas ilmu mahasiswa dalam pengimplementasian langsung di lapangan nanti.

“Kita perlu tau tata caranya, sebab ketika di lokasi itu lebih komprehensif, tidak hanya menghitung debit, tinggi volt, akan tetapi ada studi kelayakannya, jangan kita pake terus bangun tanpa ada studi kelayakan akhirnya mudah rusak,” tutupnya.

Penulis : Uchy
Red : Izhan Ide

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *