Seminar Nasional HME FT-UMI : Negara Butuh Energi Pengganti dan Terbarukan

Seminar Nasional HME FT-UMI : Negara Butuh Energi Pengganti dan Terbarukan

Makassar, cakrawalaide.com – HME (Himpunan Hahasiswa Elektro) Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (FT-UMI) menggelar kegiatan seminar Nasional di Auditorium Aljibra, bertemakan “Pengoptimalan Energi Baru Terbarukan Untuk Menjamin Ketahanan Energi Nasional, Senin (26/11/2018).

Kegiatan ini di mulai pada pukul 09:30 wita – 14:30 wita untuk sesi pemaparan materi, dan tanya jawab kemudian dilanjutkan, dengan kegiatan performance dari Kapal udara band di penghujung acara.

Lanjut, Ketua Panitia Zainal Abidin mengungkapkan Energi terbarukan berasal dari proses alam yang berkelanjutan seperti tenaga Surya, tenaga angin, arus air, proses biologi dan panas bumi sehingga biayanya lebih ekonomis dan dampak negatifnya kurang.

“Sangat penting untuk kedepannya karena lebih murah dan dampak negatifnya kurang” tutur Zainal sapaan akrabnya.

Penggunaan batu bara sebagai bahan bakar untuk pembangkit tenaga listrik amatlah terlampau lama sehingga diperlukan pengembangan yang lebih efisien.

Berbagai mahasiswa dari Universitas mengikuti seminar tersebut, seperti Muhammad Fajar salah satu mahasiswa UNHAS, Ia mengungkapkan bahwa Indonesia membuhkan energi – energi pengganti.

“Kita butuhmi energi-energi pengganti, menggantikan energi-energi yang bisa dikatakan jadul seperti pembakaran batu bara itu harusnya sudah lebih dikurangi,” Ujar Fajar

Lanjut, Fajar menambahkan “Tadi bahas regulasi saya rasa bagus diterapkan di Indonesia seperti regulasi khusus pasar tenaga listrik, dengan adanya itu kita dorong daya saingnya PLN sehingga merasa tersaingi, dan meningkatkan kualitas yang mungkin margin keuntungannya lebih dikurangi, sehingga listrik lebih murah seperti negara-negara lain,” tambahnya.

Adapun pemateri yakni Supriyanto, ST (Analisis Pengembangan Energi Sul-sel) kemudian IR. Sari bunga (manager IPP dan Excess power PT.PLN) dan DR.IR.H Syarifuddin nojeng, M.T

Setelah prosesi pemaparan materi ke tiga pemateri di beri plakat sebagai tanda kehormatan. Kegiatan seminar tersebut berakhir dengan baik dan sangat meriah.

Penulis : Eky

Red : Shim

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.