Jangan Biarkan Gadget Merebut Dunia Sosialmu!

4-Dampak-Buruk-Akibat-Media-Sosial-Yang-Perlu-di-Waspadai
kendali gadget dan sosial media via ruangteknologi.com

Kehidupan telah berubah, tatanan baru telah tercipta. Ragam inovasi bermunculan dengan tekad untuk memudahkan kehidupan manusia. Tak ada alasan untuk tidak saling mengetahui, tak ada alasan untuk terhalang oleh apapun itu. Di era global semacam ini, manusia berlomba memburu informasi, mengolah, dan saling mempengaruhi satu sama lain dengan ragam perspektif.

Saling mempengaruhi inilah yang menjadi perilaku manusia era ini, baik buruk dan semakin menggilanya fitnah publik yang juga dihembuskan beriringan dengan ragam kepentingan ekonomi, politik, hingga dominasi budaya.

Fenomena “sekali klik” juga keterbukaan informasi menjadi tema diparuh dekade ini. Keakraban kita dengan teknologi menjadi sebuah keharusan di era ini.

Tapi betulkah kehidupan kita yang akrab dengan teknologi semakin memudahkan hidup dan bagaimanapun setiap era melangkah, kekurangan dan hal yang dikorbankan selalu ada. Einstein (ilmuan dengan teori relativitasnya yang populer) pernah ragu akan perilaku manusia dimasa datang dengan teknologi (gadget). Gadget yang digenggam melalaui ponsel, tablet, dan perangkat-perangkatnya menjadi media yang asosial jika tidak digunakan dengan bijak (bersosial dengan baik didunia maya, namun tidak untuk dunia yang lebih rill)

“I Fear the day that technology will surpass our human interaction. The world will have a generation of idiots.”

Ketakutan Einstein sudah terasa saat ini, dimana komunikasi visual kita perlahan hilang, dunia menjadi sepi, kita dapat melihat keramaian tanpa suara, dan hampir tanpa percakapan.

Berikut video untuk memahami bagaimana perilaku sosial kita di kontrol oleh teknologi. Bukan untuk meninggalkan teknologi, karena itu sulit di implementasikan di era ini, namun hargai kehidupan nyata kita dan buatlah semuanya lebih ramai. Dan ayo dengan bijak menggunakannya!

 

Penulis : Ayi
Red : Walla

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.