Kenaikan Retribusi Terminal Regional Daya

ist Terminal Regional  Daya / Foto : google.com
ist Terminal Regional Daya / Foto : google.com

Makassar,Cakrawalaide.com – Terminal Regional Daya merupakan salah satu terminal golongan besar. Terminal Regional Daya juga tergolong sebagai terminal tipe A yang bertujuan melayani kendaraan umum untuk Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) atau angkutan lintas batas negara dan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) atau angkutan kota dan pedesaan .

Tapi, meski telah mendapat predikat sebagai terminal tipe A, namun Terminal yang berskala nasional ini masih jauh dari kata layak, dan jauh tertinggal dari terminal-terminal kota lain dengan predikat yang sama.

Belum tuntas masalah buruknya fasilitas dan tata kelola yang buruk pihak Perusda Terminal Regional Daya, pihak pengelola malah membebani para pekerja dan konsumen dengan kenaikan retribusi secara sepihak.

Berdasarkan hasil wawancara awak Cakrawala Jumat (20/11) dengan Zainal Enal selaku pendamping Gabungan Pekerja Terminal Regional Daya (GPT – RD) bahwa Kenaikan yang diterapkan Perusda Terminal Regional Daya secara sepihak dari Rp. 1000 – Rp.2000 kenaikan tersebut diterapkan sejak 1 November lalu.

Kenaikan secara sepihak tanpa didahului penjelasan secara transparan malah disetiap peron dan dinding kaca tertera angka rupiah yang terbilang cukup memberatkan para pekerja dan konsumen terminal yang ada saat ini.

‘Terminal Regional Daya sejak dulu menjadi persoalan, selain kenaikan secara sepihak, juga tata kelola yang buruk dari pihak pengelola, pemerintah kota juga cenderung mengabaikan permasalahan terminal, selain fasilitas dan pelayanan sangat jauh dari yang diharapkan, permasalahan terminal bayangan atau terminal ganda yang terjadi dilapangan yang hingga kini cenderung dibiarkan’. Ungkap bang Enal.

Penulis : Yudha
Red       : Ayie

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.