Mahasiswa FAI UMI Keluhkan Pembayaran PPL

Makassar, Cakrawalaide.com – Mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidiyah (PGMI) merasa terbebani dengan kebijakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) yang dikenakan biaya, Jum’at (05/10/2018).

Pembayaran PPL yang diwajibkan untuk seluruh mahasiswa menuai banyak keresahan dikalangan mahasiswa. Khususnya program studi PAI dan PGMI yang dikenai biaya PPL sebesar Rp. 450.000 / mahasiswa.

Menurut salah satu mahasiswa berinisial AM, ia mengatakan, bahwa kebijakan yang memungut biaya tambahan dari mahasiswa sangat memberatkan dan terkesan memaksa.

“Untuk apa sebenarnya biaya PPL, kalau memang harus ada biaya kenapa juga harus mahal, bikin tambah-tambah banyak utang,” ujar AM.

Hal serupa juga diutarakan oleh mahasiswa yang tidak ingin disebutkan identitasnya. Menyatakan tidak sepakat dengan kebijakan PPL yang dikenai biaya.

“Saya tidak setuju juga ini karena menyiksa teman-teman juga kalau harus lagi ada biaya padahal PPL merupakan mata kuliah yang dibelanjakan,” pungkasnya.

Ia juga menambahkan, bahwa ia sangat menyayangkan kebijakan fakultas yang mengenakan biaya kepada mahasiswa. Pasalnya, PPL merupakan mata kuliah yang telah diprogramkan di simpadu.

“Kami sudah bayar biaya semester, seharusnya pembiayaan PPL diambil dari biaya semester, jangan beri beban biaya tambahan lagi kepada mahasiswa,” tutupnya.

Penulis : Parle
Red : Izhan Ide

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.