Massa Buruh Tuntut Pendidikan Gratis Di Momen Hardiknas

Massa Buruh Tuntut Pendidikan Gratis Di Momen Hardiknas

Makassar, cakrawalaide.com – Beberapa massa buruh ikut terlibat dalam aksi Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) di Fly Over, jalan Urip Sumoharjo, Rabu (02/05). Dalam aksi ini buruh dan mahasiswa melebur menjadi satu. Adapun yang menjadi salah satu tuntutan urgen yakni  “wujudkan pendidikan gratis merata untuk seluruh rakyat Indonesia.”

Selaku sekertaris umum di Federasi Perjuangan Buruh Nasional (FPBN), Kusnadi mengatakan, keterlibatan massa buruh dalam aksi tersebut bukan tanpa alasan. Mahalnya biaya pendidikan yang dari tahun ke tahun semakin meningkat drastis secara langsung dirasakan oleh para anggota serikat buruh dan anak-anak buruh yang mengenyam pendidikan, baik pendidikan dasar maupun pendidikan tinggi. Hal itu tentu menjadi sebuah anomali ditengah-tengah permasalahan para buruh yang selalu dirugikan dengan politik upah murah.

“Para buruh memiliki anak dan adapula buruh yang masih dalam proses pendidikan sebagai mahasiswa. Kemudian gaji atau upah dari buruh ini belum cukup untuk membiayai kehidupan keluarga sehari-hari belum lagi biaya pendidikan,” tegasnya.

Permasalahan minimnya akses pendidikan juga tak luput menjadi sorotan. Pendidikan dibangku sekolah dan perguruan tinggi hari ini memang masih sulit diakses atau terbilang mahal untuk sebagian masyarakat sehingga pendidikan gratis perlu menjadi solusi konkrit.

“Semoga kedepannya pemerintah bisa memberikan ruang kepada masyarakat untuk mengenyam pendidikan secara gratis, baik itu dibangku Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi ” tutup Kusnadi.

Penulis : Cuncung
Red : Izhan Ide

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.