Presentasi Korupsi di Sektor PBJ Masih Tinggi

Suasana diskusi mengenai korupsi di sektor PBJ di kantor ACC Sulawesi / By Rifai
Suasana diskusi mengenai korupsi di sektor PBJ di kantor ACC Sulawesi / By Rifai

Makassar, Cakrawalaide.com – Korupsi di sektor pengadaan barang dan jasa masih saja menjadi hal yang perlu diskikapi secara kritis. Dalam diskusi yang dilaksanakan oleh Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi di kantor yang berlokasi di Jl. A.P. Pettarani , Rabu (27/05), korupsi dalam pengadaan barang dan jasa menjadi kasus yang paling banyak ditangani oleh KPK sekitar 60 persen.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua LPI – PBJ Kota MAKASSAR, Albertus George. “Salah satu persoalan korupsi mendasar dan yang sangat banyak jumlahnya, itu di sektor pengadaan barang dan jasa” ujarnya. Dia juga menyinggung mengenai strategi penguatan sistem pengadaan barang dan jasa, seharusnya PEMKOT Makassar merealisasikan kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) dengan tujuan memperkuat fungsi dan peran lembaga pengawas independen dalam pengadaan barang dan jasa.

Terkait dengan program kerja presiden Jokowi dalam pembangunan tol laut, Akademisi Prof. Marwan Mas menegaskan seharusnya perlu ada pengawasan ketat terhadap pihak-pihak yang memegang tender. “Bisa saja terjadi korupsi besar-besaran dalam pembangunan tol laut yang sudah dicanangkan di beberapa daerah di Indonesia, seperti di Sumatera dan Papua” ujarnya.

Proyek Pembangunan infrastuktur memang menjadi lahan basah yang selalu menjadi sasaran koruptor, baik yang ada dalam pemerintah eksekutif, maupun legislative. “Pembangunan harus tepat sasaran, transparan, dan peruntukannya tepat, dari segi kualitas maupun anggaran. Jangan samapai pemerintah yang sudah susah-susah melobi anggaran di DPR lalu juga menjalankan ini setengah- setengah” tambah Albertus di sela-sela akhir diskusi.


Penulis : Rifai
Red : Ukhay

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.