Proxmox Sebagai Virtualisasi Antarmuka Web

Makassar, Cakrawalaide.com – Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muslim Indonesia (Fikom UMI) menggelar seminar IT Nasional yang dilaksanakan di gedung Auditorium Al – Jibra kampus II UMI, Senin (23/05).

Seminar yang mengusung tema Cloud Computing Berbasis Proxmox dalam kuliah umum Kampoeng IT III merupakan kegiatan yang digelar setiap tahunnya oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fikom yang bertujuan sebagai ajang tukar pikiran dan memberi sumbangsih dari pakar yang lebih mengetahui dan akademisi di bidang IT agar dapat memberikan peningkatan wawasan khususnya mahasiswa Fikom dan diharapkan memiliki daya saing bagi bangsa dan Negara.

Seperti yang kita ketahui bahwa proxmox adalah platform virtual yang bersifat open source untuk mendukung jalannya virtual mesin berbasis KVM dan open VZ. Sedangkan, yang dijelaskan oleh Ir. Onno Widodo Purbo, M.Eng, Ph.D, selaku pakar IT Nasioanal dalam seminarnya mengatakan proxmox distribusi linux memfokuskan penggunaannya sebagai virtualisasi dengan antarmuka melalui web.

“Selain itu, proxmox juga mudah diinstall, dikonfigurasi, pemakaiaannya tidak sulit, sistem operasinya gratis, dan tidak mengeluarkan biaya,” tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 200 peserta dan bukan hanya dari kampus UMI tetapi juga dari kampus-kampus lain. Kegiatan ini cukup menarik dan peserta terlihat sangat antusias bertanya dalam seminar tersebut.

Penulis : Baso Anjasman
Red : Israwati Nursaid

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.