Aliansi MAKAR dan Aliansi PAKAR : Kami Yang Diprovokasi dan Disusupi

Aliansi MAKAR dan Aliansi PAKAR : Kami Yang Diprovokasi dan Disusupi

Penulis : Kadir 

 

Makassar, Cakrawalaide.com Aliansi Mahasiswa Makassar (MAKAR) dan Aliansi Pelajar Makassar (PAKAR), merilis penyataan sikap untuk mengklarifikasi kejadian dan tudingan yang didapatkannya terhadap peristiwa pada kamis, 22 oktober 2020 lalu.

Diketahui sebelumnya, bahwa kejadian pada kamis 22 Oktober 2020 kemarin yakni adanya kegiatan demonstrasi secara besar-besaran di Kota Makassar untuk menolak Omnibus Law Cipta Kerja sekaligus evaluasi terhadap satu tahun periode Rezim Jokowi-Ma’ruf Amir, serta sebagai lanjutan dari #MosiTidakPercaya.

Pada 22 Oktober, diketahui bahwa terdapat tiga titik pada aksi tersebut. Diantaranya sektor Kima yang diisi oleh organ buruh, serta sektor Pettarani dan Alauddin yang diisi oleh Mahasiswa dan Pelajar yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Makassar (GERAM), dan berlangsung damai.

Namun, tepat di titik aksi sektor Jl. A. Pettarani, dengan sejumlah massa dari Aliansi MAKAR bersama dengan Aliansi PAKAR, terjadi peristiwa pengrusakan Sekretariat dan Pembakaran mobil Ambulance milik Partai Politik oleh Orang Tidak Dikenal (OTK).

Menurut Juan, salah satu perserta yang ikut dalam aksi 22 Oktober, menjelaskan bahwa pengrusakan dan pembakaran itu tidak disebabkan oleh Aliansi MAKAR atau Aliansi PAKAR.

“Pada saat kejadian tersebut, massa aksi sudah jauh dari titik aksi dan mundur, masuk ke dalam kampus Universitas Negeri Makassar (UNM), karena terdesak oleh polisi dan Ormas,” ungkapnya, kamis (29/10/2020).

Juan juga menjelaskan bahwa narasi dari berita arus utama tentang Aliansi MAKAR, yang menjadi provokator dalam aksi demostrasi pada 22 Oktober itu adalah keliru.

“Justru, kami yang disusupi oleh orang tidak dikenal yang menggunakan dan membawa senjata,” jelasnya.

Juan melanjutkan jika hal ini memberikan dampak buruk terhadap aliansi MAKAR.

”Namun, berita arus utama justru menciptakan stigma buruk terhadap Aliansi MAKAR tanpa mencari kebenarannya lebih dalam lagi,” tegasnya.

Dalam peristiwa 22 Oktober tersebut, tedapat berita dari media arus utama yang menyatakan bahwa Aliansi MAKAR, menjadi penyusup dalam aksi demostrasi di Jl. A. Pettarani dan mengakibatkan rusaknya sekretariat parpol dan terbakarnya Ambulance.
https://www.tagar.id/kapolda-sulsel-pastikan-aliansi-makar-penyusup-demo-omnibus-law

Putra, yang juga merupakan peserta aksi pada 22 Oktober tersebut, menegaskan jika adanya kesalahpahaman dalam aksi yang dilakukan oleh Aliansi MAKAR kemarin.

“Perlu dipahami, bahwa kami Aliansi MAKAR yang menggelar aksi demostrasi tersebut, dan saya tegaskan bahwa yang disusupi adalah kami, bukan sebalik kami yang menyusup. Kan, lucu jika kalua kami menyusup di aksi kami sendiri,” tegas Putra.

Putra juga mejelaskan bahwa berita arus utama ini, justru menciptakan stigma buruk dari masyarakat terhadap Aliansi MAKAR, yang mulai dari pembentukannya hingga kejadian tersebut, selalu mendahulukan kepentingan rakyat.

“Berita ini merupakan narasi memperlemah gerakan rakyat, khususnya gerakan Mahasiswa di Makassar, terlebih Aliansi Mahasiswa Makassar adalah aliansi yang sudah bertahan selama 8 bulan dan terdiri dari hampir seluruh kampus di Makassar. ” tutup Putra.

redaksi

11 thoughts on “Aliansi MAKAR dan Aliansi PAKAR : Kami Yang Diprovokasi dan Disusupi

  1. Great post. I used to be checking continuously this blog and I’m impressed!

    Extremely useful info specially the final section 🙂 I handle such info much.
    I used to be seeking this certain information for a long time.

    Thank you and good luck.

  2. Hello, i think that i noticed you visited my blog thus i came to
    go back the favor?.I’m attempting to to find things to enhance my website!I guess its adequate to make use of a few of your concepts!!

  3. Definitely consider that which you said. Your favorite reason seemed to be at the net the
    simplest factor to have in mind of. I say to you, I definitely get irked at the same time as people think about concerns that they just
    don’t know about. You managed to hit the nail upon the highest and also outlined out the whole thing with no need side effect , folks can take a signal.
    Will probably be again to get more. Thank you

  4. Wow, amazing blog layout! How long have you been blogging for?
    you made blogging look easy. The overall look of your web site is magnificent, as well as the content!

  5. It is appropriate time to make some plans for the future and it is time to be happy.
    I have read this post and if I could I desire to suggest you
    few interesting things or tips. Maybe you can write next articles referring to
    this article. I want to read more things about it!

  6. Just want to say your article is as surprising. The clearness in your post is just cool and i
    could assume you are an expert on this subject. Fine
    with your permission allow me to grab your feed to keep up
    to date with forthcoming post. Thanks a million and please continue the
    enjoyable work.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.