Gerak Buruh : Pekerjakan Kembali Buruh Yang Di PHK

Foto by : Parle

Makassar, cakrawalaide.com – Puluhan aksi massa yang tergabung dalam aliansi gerak buruh melakukan aksi damai dan menuntut perusahaan agar mempekerjakan kembali buruh yang telah dikenakan pemutusan hubungan kerja (PHK), aksi berlangsung dibeberapa titik termasuk di depan gedung Perusahaan Daihatsu, Kamis (10/1)

Kusnadi salah satu peserta aksi dalam aliansi menginginkan PT Kemasan Cipta Nusantara (KCN) dan PT Daihatsu Kharisma Sentosa mempekerjakan kembali buruh yang di PHK, “jadi harapan kami supaya bagaimana baik dari perusahaan PT KCN dengan  PT Daihatsu Kharisma itu bisa mempekerjakan kembali kawan-kawan yang dianggap di PHK,” ujar Kusnadi.

Gerak buruh yang didalamnya tergabung dari beberapa organ buruh dan mahasiswa termasuk
FPBN-KSN, Pembebasan, Komunal, PMII Rayon FAI UMI, LBH Makassar, GSBN-SGBN, FMD, FOSIS, FMK, SRIKANDI, FORWA Makassar, SMI, KAMRI, SJPN mengangkat “Tolak Sistem Ekonomi Kapitalis,Wujudkan Perlondungan Sosiali Transformatif” sebagai isu sentral.

Massa aksi mendapat respon dari pihak perusahaan PT KCN dan PT Daihatsu Kharisma Sentosa terkait masalah yang mereka hadapi, “kalau dari KCN kemarin sudah memanggil kawan-kawan untuk dimediasi. Tapi untuk Daihatsu itu mulai besok akan panggil dan diwawancarai terkait kasusnya,” tambahnya.

Gerak buruh juga mengangkat isu yang lain sebagai tuntutan mereka terkait masalah pemberhangusan serikat buruh, tolak sistem kerja outsourcing, serta pemberlakuan upah mimimun.

Penulis : Ijan
Red : Izhan Ide

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.