Membangkitkan Jiwa Pejuang, HP2DT Gelar Diskusi Kepemudaan

Foto by : Sudirman

Makassar, cakrawalaide.com – Dalam memperingati hari Sumpah Pemuda, Himpunan Pemersatu Pemuda Desa Tanakaraeng (HP2DT) mengadakan diskusi dengan mengangkat tema “mewarisi semangat sumpah pemuda,” yang berlangsung di kantor desa Tanakaraeng kec. Manuju kab. Gowa, Minggu (29/10).

Sehubungan dengan hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, HP2DT menggelar diskusi dengan menghadirkan Muhammad Firman sebagai pemateri dari Mahasiswa UMI.

Ketua HP2DT, Muhammad Irfan menjelaskan, “tujuan diskusi ini agar pemuda di desa Tanakaraeng lebih mengenal sejarah pemuda dimasa lampau sehingga pemuda tidak buta akan sejarah, bahwa dimana pemuda dulu memiliki semangat yang tinggi untuk mengusir penjajah dan inilah yang sepatutnya kita warisi dari semangat pejuang pemuda dimasa kolinial” tuturnya.

Dalam diskusi, salah seorang pemuda desa Tanakaraeng, yaitu Hendra sempat menyinggung persoalan peran pemuda di desanya. Menurutnya peran pemuda dalam membangun desa sangat dibatasi, kurangnya kepercayaan terhadap kaum muda sehingga pemuda dipandang remeh dan tidak memiliki potensi yang baik dalam mengambil peranan di masyarakat.

Dengan melihat sejarah sebagai bahan referensi, peran pemuda sebagai aktor utama dalam merebut kedaulatan negara dan mengusir penjajah dari tanah Indonesia. Dapat membantahkan semua streotip negatif terhadap kaum pemuda, bahwa pemuda juga bisa ambil peran dalam membangun negara (kata penutup dari pemateri).

Penulis : Sudirman

Red : L. Salay

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *