Mengasah Potensi Siswa di Bidang Pertambangan

Mengasah Potensi Siswa di Bidang Pertambangan
Ilustrasi Mengasah Potensi Siswa di Bidang Pertambangan/Sumber : Tim Multimedia FTI UMI

Makassar, Cakrawalaide.com – Malam ramah tamah Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMTP) Fakultas Teknologi Industri (FTI) universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, di pelataran FTI-UMI Rabu (24/05).

Dalam rangka penutupan kegiatan Mining and Geology Student Competition of Indonesia (Magnetite) tingkat SMK, yang diselenggarakan selama 4 (empat) hari (21-24/05) yang dilaksakan dalam 2 (dua) tempat yaitu 2 (dua) hari di Dusun Palluda, Desa Pattappa Kecamatan pujananting Kabupaten  Barru, 2 (dua) hari di Kampus UMI Pelataran FTI. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa teknik pertambangan dari angkatan 2016-2013 sebagai panitia. Dan ada 6 (enam) SMK sebagai peserta diantaranya SMK N 5 Barru,SMK N 2 Pomala, SMK N 1 Lasusua,SMK Malili,dan SMK Andika Mebali Toraja.

“Kegiatan ini dipersiapkan kurang lebih 3 (tiga) bulan lamanya,dan membutuhkan dana sekitar Rp.100.000.000 (seratus juta rupiah). Tujuan di adakannya kegiatan ini sebagai ajang kompetisi dan kompetensi bagi SMK geology pertambangan dan untuk meningkatkan serta mengembangkan potensi SMK untuk masa depan bangsa khusunya di sektor pertambangan sehingga bisa lebih kompetitif dan kompeten di dunia kerja nantinya. Di samping itu juga untuk menarik minat calon Mahasiswa dari siswa-siswi SMK untuk masuk ke jurusan Teknik Pertambangan FTI-UMI. Selama kegiatan ini berlangsung panitia tidak banyak mendapat hambatan yang besar karena kami mendapat dukungan besar dari jurusan dan fakultas.”Kata Khairullah, Ketua Panitia kegiatan Magnetite.

Tepat pada tanggal (24/05) siang, Teknik Pertambangan meresmikan kampus lapangannya di Kabupaten Barru yang dihadiri oleh PLT Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh, M.Si., Ketua Yayasan Wakaf UMI H.M.Mokhtar Noerjaya,Rektor UMI Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar,dan Dekan FTI UMI Ir.Zakir Sabara HW,ST.,MT.,IPM.,ASEAN Eng.

Dari enam SMK yang ikut ada empat perwakilan SMK yang berpendapat soal kegiatan ini. “Menurut saya kegiatan ini sangat baik,bisa memberi motivasi sekolah SMK untuk dapat mengukur kemampuan siswa SMK khususnya dalam bidang pertambangan serta menambah ilmu pengetahuan agar kami mampu merebut tambang-tambang yang di kuasai bangsa asing demi kemajuan Indonesia dan saya berharap kegiatan ini tetap ada agar kami siswa SMK khususnya sekolah saya dapat mengukir prestasi lagi di sini.” Ungkap Widi Tirana siswa SMK Andika Mebali Toraja.

Aris siswa SMK 1 Malili, menurutnya “Kegiatan ini cukup menarik karena menjadi ajang untuk mengukur kemampuan siswa sehingga kita bisa tau bagaimana kemampuan siswa itu sendiri dari bidang-bidang yang di lombakan, dia berharap kegiatan ini ke depannya bisa lebih baik, cabang-cabang lomba yang di lombakan lebih banyak supaya sekolah SMK Pertambangan yang ada di Indonesia jadi lebih tertarik untuk ikut.”

Firmansyah siswa SMK Negeri 2 Pomala, Mengatakan “Saya sangat bangga dengan kegiatan ini karena kegiatan ini dapat memberi saya motivasi dan harapan saya untuk kegiatan magnetite kedepannya agar lebih mewah persiapannya.” Sedangkan menurut Veriyan Mahbuq siswa SMK Negeri 5 Barru “Kegiatan ini termasuk bagus,apalagi sekolah saya kan baru jadi, di sini kami bisa menambah wawasan tentang geology dan pertambangan dan saya berharap sekolah saya bisa terus ikut dalam kegiatan seperti ini agar sekolah saya bisa dikenal dengan mengukir prestasi,” pangkasnya.

Penulis : Nur Azizah Rahman

Editor   : Baso

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *