Minimnya Pemahaman Tentang Gender, PMII Rayon FAI Adakan Seminar Keperempuanan

Foto by : Sudirman

Makassar, cakrawalaide.com – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar seminar keperempuanan dengan tema “Membangun kesadaran berperspektif gender menurut pandangan islam dalam kehidupan bermasyarakat” di gedung Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Sul-sel, Minggu (19/11)

Dalam seminar keperempuanan ini, penyelenggara kegiatan menghadirkan tiga pemateri dengan spesifikasi bidang ilmunya masing-masing, yaitu Pengurus Fatayat Nahdatul Ulama (NU) Sul-sel ,Herwanita, ketua Lembaga Bantuan Hukum APIK Makassar, Rosmiati Hasni, dan Bendahara Umun PMII Cabang Gowa, Sry Risky Wulandari.

Nurfianalisa selaku pelaksana kegiatan, dalam sambutannya menyampaikan alasannya mengadakan seminar keperempuanan “Seminar ini bertujuan untuk memasok penyadaran antara laki-laki dan perempuan, agar tidak ada lagi perbedaan peran antara laki-laki dan perempuan dalam rana masyarakat” Tutur Icha sapaan akrabnya.

Icha juga menambahkan keluhannya atas realita yang ada dimasyarakat sekarang. Menurutnya, karena minimnya pengetahuan akan kesetaraan gender, mengakibatkan perempuan seringkali dikucilkan di lingkup sosial. Perempuan dianggap lemah dan Stereotip negatif yang terus menjamur dikarenakan perempuan dikategorikan sebagai Second class atau dinomor duakan dari laki-laki.

Hal serupa yang juga dikatakan oleh ketua umum PMII Rayon FAI UMI, Fahri Fajar. Menurutnya “kesadaran akan gender sangatlah penting agar tidak ada lagi dikotomi atau diskrimanisi antara laki-laki dan perempuan, karena sejatinya kita diciptakan setara dalam hak kita, yang membedakan antara laki-laki dan perempuan hanyalah persoalan biologisnya saja” Ujar Fahri.

Kegiatan seminar ini berlangsung ramai dan sukses, dihadiri sekitar 70 peserta dari beberapa organisasi. Diakhir acara tim pelaksana memberikan cindera mata kepada pemateri sekaligus pembagian sertifikat kepada seluruh peserta yang hadir.

Penulis : Sudirman

Red : Izhan Ide

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *