Pengembangan Riset Mahasiswa Harus berorientasi Pada Pengabdian Masyarakat

Ketua LP2RM UMI, Restuan Lubis / Foto : facebook.com
Ketua LP2RM UMI, Restuan Lubis / Foto : facebook.com

Makassar, Cakrawalaide.com – Pengembangan Riset mahasiswa seyogyanya tidak hanya berkutik pada hal-hal yang inovatif dan kompetitif belaka, melainkan pula harus punya dampak positif terhadap pemgembangan masyarakat. Kecenderungan mahasiswa dalam melakukan riset juga dituntut dalam menjawab permasalahan masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh ketua umum Lembaga Pusat Pengembangan Riset Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (LP2RM UMI), Restuan Lubis, disela-sela pendeklarasian lembaganya, senin (12/10). “Pengembangan riset mahasiswa bukanlah suatu wadah yang hanya fokus pada riset saja. Selain riset semua aspirasi mahasiswa akan ditampung, misalnya seperti pengabdian kepada masyarakat. selain itu mahassiswa akan digodok untuk terjun langsung ke lapangan” ujarnya.

Dia menambahkan pola dalam pemgembangan riset mahasiswa, lembaganya tidak hanya berorientasi pada satu disiplin ilmu saja sebagai titik fokus riset. “Pengembangan riset mahasiswa UMI nantinya tidak hanya berorientasi pada satu bidang melainkan semua bidang akan menjadi fokus riset” tambahnya.

Selanjutnya hasil riset mahasiswa kemudian akan didaftarkan pada jurnal-jurnal internasional dan akan dibukukan. Prestasi-prestasi riset mahasiswa tersebut bisa dinikmati dan dilihat oleh masyarakat umum.

Lembaga Pusat Pengembangan Riset Mahasiswa UMI sendiri telah dirilis dengan pemberian SK secara legal sejak 2 (dua) minggu lalu. Pembentukan lembaga ini sendiri merupakan permintaan langsung dari Rektor Universitas Muslim Indonesia, Masrurah Mokhtar sejak tahun 2014. Permintaan tersebut berawal dari prestasi dari Mahasiswa Fakultas Farmasi yang berhasil meraih prestasi di tiga negara, yakni Tiongkok, Taiwan, dan Thailand. “Sehingga LP2RM ini merupakan wadah bagi mahasiswa UMI untuk meraih prestasi” ungkap Restu.

 

Penulis : Zahrah

Red     : Ukhay

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.