Kampus Hijau, Gelap dan Rawan Di Malam Hari.

ist bohlam
ist bohlam

Makassar, cakrawalaide.com – Kampus seharusnya aman buat mahasiswanya beraktifitas bahkan hingga pada malam hari. Selain itu, kampus juga seharusnya dibuat terang-benderang sehingga terasa seperti tempat menuntut ilmu, bukan seperti hutan belantara dan tempat yang suram, serta menakutkan karena penerangan yang sangat kurang di malam hari.

Biasanya Mahasiswa melakukan kegiatan kuliah dari pukul 07.00 pagi dan berakhir pukul 18.00 malam, dan tidak setiap hari kuliah penuh, namun waktu yang efektif untuk segala kegiatan diluar kuliah adalah setelah magrib. Karena pada siang hari, mahasiswa biasanya fokus untuk kegiatan perkuliahan (akademik). Selain diskusi dan rapat organisasi, ternyata untuk mensukseskan suatu acara UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) atau prodi pun dimalam hari.

“Kalau lampu jalan itu tidak sengaja dimatikan tetapi betul-betul mati, kalau saya punya usulan setiap sudut yang rawan itu di kasih lampu.” tutur Muh Kasim, komandan regu security yang ditemui pada Senin (19/10). Dia menyayangkan UMI satu-satunya kampus yang tidak ada teknisi yang piket malam dikampus.

Universitas seharusnya melakukan segala bentuk usaha untuk memastikan keselamatan seluruh sitivitas akademika. Bukan hanya mahasiswa yang seringkali harus berkegiatan di malam hari, melainkan dosen juga seringkali harus bekerja hingga malam hari, dan kampus seperti kota mati.

Kalau bermimpi untuk berkelas dunia maka sudah waktunya UMI memastikan adanya fasilitas untuk menunjang keamanan, seperti menambah petugas keamanan dan membuat sistem pemeriksaan keliling pada malam hari oleh petugas keamanan, pemasangan kamera CCTV pada semua sudut, pembatasan masyarakat luar untuk keluar masuk lingkungan kampus oleh petugas keamanan, dan masih banyak lagi. Hal-hal tersebut penting dilakukan untuk menjaga dan menunjang keamanan di lingkungan kampus.

Banyak mahasiswa yang juga sependapat demikian, terkait fasilitas untuk menunjang keamanan kampus, salah satunya mahasiswa fakultas ilmu computer, Wahyu Arif Gunawan. “Tentunya fasilitas-fasilitas tersebut akan sangat membantu untuk menunjang keamanan di tiap-tiap fakultas, dan setidaknya mahasiswa akan merasa lebih nyaman, tenang dan merasa aman” ujarnya.

Karena dengan adanya penambahan lampu-lampu penerangan secara tidak langsung pihak kampus mendukung kegiatan mahasiswa pada malam hari dan menambah kepercayaan mahasiswa terhadap pihak kampus yang sangat memeperhatikan keamanan dan kenyamanan mahasiswa tanpa harus selalu diselimuti rasa was-was.

 

Penulis : Tomo

Red : Ukhay

 

 

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *