Relasi Kuasa Dalam Media

Noam Chomsky pernah mengatakan, bahwa “Kekuasaan selalu berada dipihak orang – orang yang diperintah, maka penguasa tidak memiliki dukungan bagi mereka sendiri kecuali opini. Maka, dengan opinilah pemerintahan yang paling bebas dan merakyat.”

Politik dalam bahasa yunani : politikos berarti dari, untuk, atau yang berkaitan dengan warga negara, proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain wujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.

Memasuki abad ke-21, teknologi sudah dijadikan sebuah kebutuhan dalam kehidupan sehari – hari dikalangan anak – anak, remaja, dan orang tua. Mudahnya mengakses teknologi maka dengan mudah para penguasa media dan politisi membangun opini. Dengan membangun opini penguasa media yang notabenenya merupakan para politisi mampu menjatuhkan lawan politiknya ataupun dengan mudah meraup suara masyarakat untuk mendapatkan kursi pemerintahan.

Dalam hal ini maka perlunya penyadaran masyarakat untuk menangkal berita berbau hoaks, dan pembangunan kesadaran politik kepada masyarakat agar mampu memilih berita dan pemimpin yang berintegritas dan merakyat. Digitalisasi menurut Terry Kuny adalah “Mengacu pada proses menerjemahkan suatu potongan informasi seperti sebuah buku, rekaman suara, gambar atau video kedalam bit – bit. Bit adalah satuan dasar informasi di dalam suatu sistem komputer.”

Era digital memudahkan seorang politisi membangun citra dan menjatuhkan lawan politiknya melalui pemberitaan yang mudah diakses, dikarenakan seorang politisi mampu membangun sebuah media untuk kepentingan individu maupun kepentingan partai. Semenjak kejatuhan Orde Baru (Orba) 21 mei 1998, kebebasan pers di Indonesia makin hari makin tak terkendali, dikarenakan banyaknya media – media yang hanya mencari keuntungan dari hasil pemberitaannya dan menancapkan kekuasaan pemilik media di kursi pemerintahan.

Dalam hal ini masyarakat harus pandai memilah dan memilih informasi sebab banyaknya media dikuasai oleh para politisi, maka dari itu perlu adanya media yang dibangun oleh masyarakat yang dikelola sendiri oleh masyarakat yang mampu mengedukasi dan menghibur masyarakat.

Oleh : Shim
Editor : Izhan Ide

Sumber gambar : http://www.deborahmitchellmediaassociates.com

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *