Save The Teenagers, Membekali Pengetahuan Kesehatan Remaja

Rezky Aulia yusuf
Rezky Aulia yusuf
Makassar, cakrawalaide.com – Rezky Aulia Yusuf berhasil Menembus final pada kompetisi Harvard National Model United Nations (HNMUN) diikuti 3.000 delegasi yang berasal dari 127 negara. dipertemukan dalam sebuah konferensi untuk mendiskusikan Tantangan Global Terkini, Meliputi bidang Kesehatan, Perdamaian dan Keamanan Internasional, Perkembangan Sosial dan Ekonomi, hingga hal-hal yang berkaitan dengan Hak Asasi Manusia yang diselenggarakan di Boston Park Plaza. Rezky Aulia Yusuf masuk final setelah mempresentasikan papernya tentang kesehatan dengan judul, “Save The Teenagers : Smart, Active, and Healthy Student,” Project sosial tentang pentingnya melatih anak-anak SMA di Makassar dalam hal kesehatan.
Berikut hasil wawancara khusus awak cakrawalaide.com dengan Rezky Aulia Yusuf.

Apa yang dimaksud Harvard National Model United Nations ?

Jadi HNMUN adalah konferensi simulasi model sidang PBB untuk mahasiswa yang berasal dari semua fakultas dan program studi yang berasal dari berbagai universitas di seluruh dunia. Kegiatan HNMUN merupakan kegiatan tahunan, dan diselenggarakan di Boston Park Plaza. HNMUN tidak hanya dijadikan simulasi debat dan sidang PBB, tetapi juga sebagai bahan pelatihan kemampuan dan pengetahuan tentang parlemen muda dan sistem sidang internasional yang belum banyak mahasiswa mengetahuinya.

Apa yang memotivasi anda untuk mengikuti HNMUN ?

Motivasi ikut HNMUN ini awalnya dari melihat foto-foto teman saya yang berhasil mengibarkan bendera kampus mereka. ini yang menjadi motivasi terbesar saya yang membakar semangat saya untuk bisa membawa nama UMI keajang international ini dan mau membuat bangga kedua orang tua ,selain itu dari cerita dan pengalaman yang teman saya peroleh dari berpartisipasi di HNMUN sebelumnya, mendengar pengalaman mereka membuat saya jadi termotivasi untuk ikut HNMUN ini , selain dari teman saya juga sangat termotivasi ingin mengujungi universitas terbaik di dunia ini, mengasah kemampuan kita berkominikasi dan bertemu dengan mahasiswa dari berbagai Negara ini juga menjadi motivasi saya.

Bagaimana perasaan anda mengikuti ajang HNMUN ?

Percaya tidak percaya juga akhirnya bisa ikut HNMUN ini, kalau ditanya perasaan setelah akhirnya bisa ikut konferensi ini jawabannya sangat terharu dan senang. Mulai dari proses pendaftaran, persiapan paper, project, pengumpulan dana hingga sampai di konfrensi, semua memang dibutukan semangat, tekad,usaha dan doa.

Apa yang melatar belakangi anda mengangkat topik Save The Teenagers : Smart, Active, and Healthy Student ?

Ini saya sesuaikan juga dengan tema NGO yang saya dapat di konfrensi, yang melatar belakangi saya membuat project ini karena merasa prihatin saja melihat remaja usia sekolah kita kurang memiliki pengetahuan mengenai kesehatan terutama untuk preventif dan promosi kesehatan, contoh kecilnya sekarang sudah dengan mudahnya kita melihat remaja di makassar merokok, pacaran yang tidak sehat, makan nya suka yang junk food (biar di kata keren) dan masih banyak lagi perilaku mereka yang tidak sehat dan memberi dampak negatif buat mereka kedepannya, remaja selaku calon penerus bangsa ini harusnya mesti mendapatkan perhatian yang lebih serius. Selaku mahasiswa yang berlatar belakang pedidikan kesehatan masyarakat, saya berfikir untuk harus mengambil langkah mencoba mengatasi masalah ini dengan project save the teenager ini.

Menurut anda, apakah sekolah – sekolah di makassar sudah memperhatikan kesehatan siswa – siswanya ?

Kalau berdasarkan data yang saya peroleh, contohnya tingkat perokok aktif dikalangan remaja di kota Makassar itu sekitar 45,5% dan pengguna narkoba dan minuman beralkohol juga masih banyak, hal ini membuat saya berfikir bahwa sekolah belum terlalu memperhatikan kesehatan siswanya.

apakah penting dilakukan pelatihan kesehatan untuk siswa – siswa sekolah di makassar ?

Sangat-sangat penting. Kembali lagi remaja ada calon penerus bangsa ini, bagaimana jadinya jika kelak kita dipimpin oleh pemimpin yang sakit-sakitan, Pemimpin yang intelegensinya dibawah rata-rata karena pengaruh rokok, Pemimpin yang suka mabuk – mabukan, Pemimpin yang pengguna narkoba, Pemimpin yang entah bagaimana. Dengan adanya pemberian informasi dan pelatihan kesehatan kepada remaja, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan mereka mengenai masalah kesehatan dan mengubah perilaku mereka melalui pendekatan dan pelatihan yang sederhana, hal ini tentu akan memberikan pengaruh dan efek yang baik untuk perilaku mereka dan diharapkan kedepannya mereka lebih dapat berperilaku sehat.

Apa rencana anda kedepannya setelah mengikuti kompetisi HNMUN ?

Rencana kedepannya, setelah HNMUN ini mau membentuk team HNMUN untuk tahun 2017 nanti dan menjalankan project save the teenager ini di sekolah-sekolah.

Apa pesan – pesan anda bagi mahasiswa yang ingin berkompetisi skala nasional / internasional.

Pesan saya terus cari infomasi sebanyak-banyaknya menganai kompetisi nasional/international. lakukan yang terbaik dalam proses seleksi, usaha, tekad harus kuat, niat diluruskan dan jangan lupa beroda. Jangan merasa minder jika bersaing dengan univeristas-universitas negeri atau international, kita semua sama, kita juga bisa.

Apa harapan kedepan khususnya bagi kampus UMI?

Harapannya teman – teman mahasisswa UMI semakin berprestasi di kompetisi nasional/international.Tetap semangat untuk selalu membawa nama baik universitas.

Penulis : Hutomo
Red : Mari

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *