Tips Bila Kucing Anda Sakit

Ilustrasi Tips Bila Kucing Anda Sakit. /Sumber : www.google.com

Makassar, Cakrawalaide.com- Kucing merupakan hewan peliharaan yang paling umum di kalangan pecinta hewan di seluruh dunia, tidak hanya karena tingkahnya yang lucu, tetapi kucing banyak dipelihara karena dipercaya dapat memberi manfaat bagi para pemiliknya, salah satu yang paling terkenal adalah kucing dipercaya dapat mengurangi tingkat stress pemiliknya.

Namun, apa jadinya bila kucing kesayangan Anda mendadak sakit, tidak aktif seperti hari-hari biasanya, kehilangan nafsu makan dan sebagainya. Di sisi lain biaya dokter hewan yang mahal dan sangat tidak memungkinkan Anda untuk membawa kucing kesayangan Anda ke dokter hewan menjadi kendala tersendiri bagi para pemilik kucing yang belum memiliki penghasilan tetap. Jangan khawatir, tidak membawa kucing Anda ke dokter hewan tidak menjadikan Anda pemilik yang jahat kok,namun jangan hanya berdiam diri saja, berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan jika kucing Anda sakit tanpa harus ke dokter hewan:

  1. Tenanglah dan jangan panik jika Anda menemukan kucing Anda berbaring tidak berdaya, karena bila Anda panik Anda pastinya tidak akan berfikiran jernih lagi, Anda hanya akan membuang-buang waktu Anda dengan berfikiran yang tidak-tidak.
  1. Cobalah mencari tahu apa yang kucing Anda lakukan terakhir kali sebelum Anda menemukannya tak berdaya. Bisa jadi kucing Anda memakan sesuatu yang tak seharusnya dimakan, case terburuk kucing Anda bisa saja mengalami keracunan, atau bisa juga kucing Anda kehujanan sehingga menyebabkan kucing Anda demam ataupun flu.
  1. Periksalah seluruh bagian tubuh kucing, bisa saja ada luka di bagian tubuh kucing yang membuatnya sakit dan jika dibiarkan akan menjadi lebih parah, namun hati-hatilah bila luka itu terlihat seperti gigitan hewan lainnya seperti anjing atau kucing liar lainnya. Anda sebaiknya menggunakan sarung tangan plastik untuk memastikan adanya luka atau tidak ditubuh kucing. Jika tak ada luka mungkin kucing Anda tertabrak kendaraan yang melintas, jadi hal yang harus Anda lakukan adalah meraba dengan pelan dan pencet dibagian tertentu di mana kucing berpontensi mengalami luka internal, jika kucing Anda mengerang, bergeser dari tempatnya atau merasa tidak nyaman saat Anda memencet bagian tersebut contohnya kaki maka mungkin itulah penyebab kucing Anda sakit.
  1. Jika Anda tidak menemukan apa-apa setelah melakukan poin 3 (tiga) diatas , maka penyakit yang biasa kita alami seperti flu, demam, sakit tenggorokan maupun sariawan atau gusi bengkak. Kucing yang sakit membutuhkan perhatian yang ekstra untuk itu Anda harus selalu berada di dekat si kucing . Pastikan kalian sedang dalam kondisi fit jangan sampai penyakit kucing bisa tertular pada Anda. Dan sebaiknya  menggunakan sarung tangan dan masker selama merawat kucing  Anda yang sakit.
  1. Memberikan tempat tidur yang nyaman bagi kucing Anda, biarkanlah kucing Anda tidur jangan sekali-kali mengganggu tidur kucing yang sedang sakit, karena bagi kucing, tidur merupakan proses untuk menyembuhkan penyakitnya dan yang terpenting kucing tidur untuk menghilangkan rasa sakitnya.
  1. Berikan asupan air putih yang jauh lebih banyak dari hari biasanya, karena air putih dapat menghilangkan racun-racun di tubuh bersamaan dengan keluarnya urine, jika mengkonsumsi air putih yang banyak maka semakin sering kucing Anda membuang
  1. Madu, khasiat madu tidak perlu diragukan lagi, madu memiliki banyak manfaat begitu juga untuk kucing yang sedang sakit. Caranya ambil 1 sendok madu dan letakkan di wadah dimana kucing Anda makan atau minum lalu berikan ke kucing, sebagian kucing menyukai madu dan langsung menjilat madu tersebut, namun jika kucing Anda tidak mau, maka ambillah kapas lalu celupkan kapas tersebut di madu lalu berikan ke mulut kucing secara paksa, tetapi jangan sampai menyakiti si kucing karena kucing dalam kondis Rutin memberikan madu dapat membantu kucing lekas sembuh lebih cepat.
  1. Berikan makanan favorite kucing yang terlebih dahulu di encerkan dengan air hangat, agar lebih mudah dicerna. Jika kucing tetap tidak mau makan, maka Anda harus menyuapinya secara paksa , jangan biarkan kucing yang sakit tidak makan apa-apa. Caranya yaitu dengan menggunakan sendok plastik kecil lalu perlahan-lahan suapkan makanan ke mulut kucing.

Itulah hal-hal yang bisa Anda lalukan jika kucing Anda sakit tanpa harus membawa kesayangan Anda ke dokter hewan. Semoga artikel ini bermanfaat dan kucing Anda lekas sembuh.

Penulis : Marjan Khalid.

Mahasiswi Jurusan Akuntansi FE UNM.

redaksi

4 thoughts on “Tips Bila Kucing Anda Sakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.