Tips dan Trik Self Care, Agar Semakin Bahagia

Tips dan Trik Self Care, Agar Semakin Bahagia

Penulis: Zulvira

Jika kamu sering merasa tertekan oleh hal-hal duniawi atau aktivitas harianmu, entah itu tertekan saat macet di jalan, tertekan saat belajar dan tertekan didalam rumah sendiri. Jangan khawatir karena kamu bukan satu-satunya orang yang mengalami hal tersebut. Sering kali kita dituntut untuk serba cepat dan tanggap dalam menyelesaikan sesuatu hal apalagi diera modernisasi saat ini. Menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu cepat dan bersamaan tentu saja membuat kita menjadi tertekan dan malah membuat pekerjaan yang kita ingin selesaikan menjadi kurang optimal.

Dalam kondisi tersebut sering dikatakan stres. Di mana stres sering kali dipicu oleh tekanan batin, seperti masalah dalam keluarga, hubungan sosial, patah hati, cinta tak berbalas, atau masalah keuangan. Selain itu, stres juga bisa dipicu oleh tekanan pekerjaan atau penyakit yang diderita. Kondisi mental yang tidak seimbang dan membuat kita tidak mampu berpikir dengan jernih. Akibatnya, dalam kondisi stres seperti ini, sering kali kita tidak dapat bekerja dengan baik, sering lupa, atau bisa saja kehilangan nafsu makan sampai mengarah ke gangguan mental yang lebih parah jika tidak tertangani dengan baik.

Untuk dapat mengatasi hal tersebut dan bekerja secara optimal, hal yang dapat kita lakukan yaitu, self care atau bagaimana kita merawat diri dan menjaga kesehatan mental dan kesehatan fisik kita sendiri. Secara umum, self care dapat diartikan sebagai sebuah cara untuk merawat kesehatan mental kita, dengan mengambil waktu sejenak untuk memperhatikan diri sendiri dan memastikan kita memiliki waktu berkualitas untuk diri kita sendiri.

Berikut 5 tips dan trik self care agar kamu makin bahagia:

  1. Membuat dan melakukan kegiatan yang membuatmu merasa lebih baik.

Melakukan segala sesuatu yang kamu sukai dapat membuat kamu merasa lebih baik, buatkanlah daftar kegiatan yang kamu sukai jika kamu memiliki waktu luang dan lakukan kegiatan tersebut. Perlu juga kamu mengosongkan waktumu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai seperti jalan jalan, membuat kue, mendengarkan musik atau menonton film. melakukan kegiatan yang kamu sukai dapat mengurangi stress yang berlebih, dan untuk lebih baiknya selama melakukan kegiatan yang kamu sukai matikan ponsel kamu agar bisa lebih fokus dan menikmati.

  1. Tetap fokus dan selalu bersyukur.

Tentu saja, kamu telah melalui banyak hal. Perasaan marah, takut, bahkan kecewa akan selalu ada. Namun, di saat-saat seperti ini, selalu bersyukur terhadap hal kecil maupun besar yang terjadi dalam hidup sangatlah penting. Mengubah kecenderungan dalam memikirkan hal negatif memang tidaklah mudah. Tetapi, memfokuskan diri untuk selalu bersyukur terhadap segala sesuatu yang terjadi dapat berdampak besar.

  1. Menyelesaikan pekerjaan mulai dari yang paling sulit dan membosankan.

Memiliki tanggungan pekerjaan yang menumpuk memang cukup membuatmu frustasi. Maka dari itu, ketika kamu menyelesaikan pekerjaan yang paling sulit atau membosankan terlebih dahulu, maka nantinya kamu akan merasa bebanmu berkurang drastis. setidaknya itu sedikit membantumu berpikir bahwa setelah mampu menyelesaikan pekerjaan terberat, tidak ada alasan tak sanggup menyelesaikan yang lebih ringan.

  1. Tidur lebih awal .

Beristirahat memang terapi terbaik bagi tubuh. Maka dari itu, tidak ada salahnya sesekali kamu tidur lebih awal dari jadwal biasanya. Matikan televisi, singkirkan ponselmu, kemudian ambil buku, baca hingga kamu akhirnya mengantuk dan tertidur. dan pagi hari kamu akan bangun dengan segar.

  1. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Saat merasa stres, kamu cenderung memanjakan diri dengan makanan rendah gizi, minuman bersoda, atau bubble tea ekstra gula. Namun yang perlu kamu ketahui, mengkonsumsi makanan rendah gizi dengan camilan seperti ini tidak akan memberimu energi dan nutrisi untuk tetap bugar.nBatasi asupan tidak sehat dan konsumsi lebih banyak makanan bergizi. Sebelum melampiaskan stres pada camilan yang rendah gizi, cobalah beralih ke apel, pisang, atau buah-buahan lainnya sebagai pengganti cemilanmu. Anggaplah makanan adalah obat untuk tubuhmu, hal itu akan membantu kesehatan fisikmu menjadi lebih baik.

Redaktur: Nurul Waqiah Mustaming

Ilustrasi: id.gofreedownload.net

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *