Valak, Hantu Yang Lepas di Bulan Ramadhan

Ilustrasi : The Conjuring 2
Ilustrasi : The Conjuring 2

Genre : Horor
Sutradara : James Wan
Produser : Jim Whitaker, Dorothy Aufiero
Penulis : Carey Hayes, Chad Hayes
Durasi : 2 jam 14 menit

Film Conjuring 2 mulai tayang di bioskop pada 10 juni 2016 yang bertepatan minggu pertama bulan suci Ramdhan, film arahan sutradara James Wan itu merupakan lanjutan dari kisah Ed dan Lorraine Warren yang berusaha membantu keluarga di Inggris. Awal mula cerita film The Conjuring 2 bermula pada tahun 1977 di pinggiran kota London Bagian Utara rumah keluarga Peggy Hodgson, yang memiliki 4 orang anak salah satu anak perempuannya bernama Janet, yang di hantui pertama kali pada malam hari setelah melakukan komunikasi gaib bersama kakak tertuanya. Janet yang tertidur pulas di kamarnya tiba-tiba terbangun dari sofa, malam berikutnya kakak tertua Janet terbagun melihat Janet berbicara dengan seseorang bernama Bill Wilkins, serta kursi dalam kamar mereka bergerak dengan sendirinya.

     Bill Wilkins adalah hantu gentayangan seorang kakek yang berusia 72 tahun yang menunggu kedatangan keluarganya, dia adalah pemilik rumah sebelum keluarga Peggy. Dalam rekaman, Bill Wilkins mengakui kalau dia menjadi buta dan mengalami pendarahan di otak, dia meninggal di sofa saat tertidur. Terry Wilkins putra dari Bill juga mengakui kalau memang benar ayahnya meninggal dalam keadaan tertidur di sofa dalam sudut ruangan.

          Keluarga Peegy yang meminta bantuan kepada tetangganya karena melihat lemari bergerak sendiri, polisi yang datang kerumah keluarga Peggy hasiil dari laporan tetangga Peggy kepada polisi bahwa lemari bergerak dengan sendirinya. Hasil dari penyelidikan polisi mendapatkan suara ketukan dari dalam dinding serta melihat kursi bergerak dengan sendirinya. Polisi menyatakan tidak mampu menangani kasus ini karena di luar kemampuannya, Polisi siap membuat laporan dan menjelaskan jika ada yang meminta. Serta menyarankan seorang imam geraja untuk datang.

    Ketertarikan Kent Allen dari televisi Wide Angle yang ingin mempublikasikan hasil laporan polisi yang mengejutkan banyak orang. Mourice Grosse adalah konsultan teknik yang memimpin investigasi atas kejadian yang di alami keluarga Peggy dari Society For Physical Research, namun banyak juga orang beranggapan bahwa kejadian itu semata hanya mencari sensasi

        Pada 21 desember 1977, Ed dan Lorraine Warren yang mendatangi kediaman keluarga Peggy ingin memastikan bahwa rekaman yang didengar itu memang rekaman asli. Hasil dari pengamatan Ed dan Lorraine menyimpulkan bahwa arwah gentayangan Bill yang tewas akibat pendarahan otak telah menghantui keluarga Peggy, tetapi Anita Gregory dari Para psikologi dan Akademi Politeknik London menyimpulkan putri Peggy yang bernama Janet hanya mengada-ngada dalam melakukan insiden palsu di kamar.

      Nyonya Hodgson yang kecewa dengan pernyataan Anita Gregory yang menyuruh seluruh orang untuk melakukan investigasi atas kejadian yang di alami oleh keluarganya, pergi dari kediaman mereka. Tetapi Ed merasa ada kejanggalan dalam rekaman yang dia miliki, rekaman itu diputar sebelum kepulang Ed dan Lorraine dan hasil yang mengejutkanpun tampak dari rekaman itu.

       Arwah Bill yang merasuki fikiran Lorraine menyampaikan bahwa dia hanya sebagai pion yang diperbudak oleh iblis yang jahat. Mereka memutuskan untuk kembali lagi ke rumah keluarga Peggy untuk membantu, ternyata iblis yang jahat yang ingin membunuh Janet dan Ed adalah Valak. Tetapi dengan kemampuan Lorraine akhirnya valak berhasil di kembalikan ke neraka.

       Valak sendiri dalam dunia Supranatural adalah salah satu pemimpin besar di Neraka, ia menjadi komandan yang memimpin 30 legiun, Valak digambarkan dalam rupa anak kecil bersayap yang sedang menunggangi naga berkepala dua. Meski terkesan kecil untuk ukuran iblis, Valak memiliki kekuatan yang tak kalah hebat dengan keluarga iblis lainnya. karakter iblis Valak di film tersebut lebih mirip dengan Beezlebub yang memiliki julukan Demon of Flies. Iblis yang dalam bahasa Arab disebut Ba‘al Azabab ini sering muncul dalam film-film bertema eksorsisme terlebih yang berkiblat pada Barat.

        Salah satu pesan dalam Film The Conjuring 2 ini menegaskan bahwa dunia ini bukan hanya diisi oleh manusia yang ada, tetapi juga mahluk gaib. Dalam supranatural dijelaskan bahwa hal gaib yang mengganggu keluarga Peggy adalah iblis yang memiliki kekuatan yang kuat, iman seseorang yang sangat penting dalam mengalahkan kekuatan jahat yang ingin menghancurkan seseorang.

Penulis : Asrul

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.