PERINGATAN HARI TANI NASIONAL

BEM FAKULTAS PERTANIAN UMI, MEMPERINGATI HARI TANI NASIONAL

Makassar, Cakrawalaide.com – Dalam rangka memperingati hari tani nasional, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Pertanian Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar diskusi publik dengan mengangkat tema “Dari Pertanian Umi untuk Kendeng dan Malam Puisi Untuk Kendeng” bertempat di Aula Fakultas Pertanian Umi, Senin (25/9)

Tanggal 24 september merupakan Hari Tani Nasional yang dimana momentum pada kali ini dimanfaatkan oleh BEM Fakultas Pertanian UMI untuk merefleksi dinamika sektor tani di Indonesia maupun sektor agraria.

Diskusi publik kali ini dihadiri oleh Tuty anggota Serikat Perempuan Indonesia (SRIKANDI) selaku pemantik diskusi mengatakan, “perempuan adalah subjek utama yang akan merasakan langsung dampak dari perampasan lahan ini, karna meraka merupakan aktor atau pelaku disektor domestik baik dalam urusan dapur dan rumah tangga,” Ujarnya dalam forum diskusi.

Patri yang merupakan anggota dari Perhimpunan Merdeka dan juga pemanrtik dalam diskusi mengatakan , “perampasan lahan merupakan agenda tangan kotor dari praktek neoliberalisme yang dimana harus menjawab kebutuhan pasar dengan cara mengekploitasi sumber daya alam dari negara dunia ketiga,” ujarnya dalam forum diskusi.

Diskusi publik yang digelar di Aula Fakultas Pertanian UMI akan dilanjutkan dengan acara lanjutan akan diadakan di pelataran fakultas pertanian yaitu malam puisi untuk Kendeng. Mengingat kasus perampasan tanah yang semakin marak terjadi dan khususnya kasus perampasan lahan petani kendeng. Kegiatan ini juga merupakan aksi solidaritas menolak perampasan lahan yang terjadi di Indonesia.

“Agenda ini kami lakukan karna kami menolak segala bentuk perampasan lahan khususnya di Kendeng dan menolak segala bentuk alih fungsi lahan yang terjadi di Indonesia. Tidak Cuma diskusi publik, tapi acaran kali ini akan dilanjutkan pada malam hari yaitu Malam Puisi Untuk Kendeng”, pungkas Abdul Haris selaku Ketua BEM Pertanian UMI.

Penulis : Ijan

Editor : Alhashim

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.