Inilah Alasan Untuk Menolak Reklamasi

Ist / Foto : Google
Ist / Foto : Google
Makassar, Cakrawalaide.com – Rencana reklamasi pantai losari di makassar yang merupakan bagian dari pembangunan mega proyek Center Point of Indonesia (CPI) lagi – lagi menuai protes kali ini dilakukan puluhan massa aksi yang berasal dari mahasiswa dan LSM Walhi sulsel menggabungkan diri dalam aliansi selamatkan pesisir pantai makassar.
Massa demonstran menggelar aksi tepatnya didepan Rs. Stella maris, Minggu(7/2). Bertepatan dengan car free day. Alhasil demo mereka ramai disaksikan warga.

Tidak Cuma berorasi, massa juga membawa kain putih sepanjang 10 meter untuk aksi tanda tangan warga yang memprotes reklamasi pantai di makassar. Ratusan pengunjung membubuhkan tanda tangan. Salah satu aktivis dari Walhi, Ferdi mengatakan, reklamasi pantai hanya untuk kepentingan bisnis saja dan tidak memiliki dampak positif bagi masyarakat termasuk nelayan. Kelak itu akan merusak ekosistem laut, seperti terumbu karang rusak bahkan nelayan harus mencari ikan ketempat yang lebih jauh.

Ditambahakan, di aksinya ini mereka menuntut agar reklamasi segera dihentikan untuk menyelamatkan pesisir pantai barat makassar.

Adapun 13 point alasan kenapa kita harus menolak reklamasi di pesisir makassar yakni :
1. penelitian mahasiswa kelautan unhas ( MSDC ), 60% terumbu karang di wilayah pesisir kota Makassar telah rusak akibat reklamasi pantai sebelumnya.
2. Reklamasi pantai Makassar mengubah bentang alam pesisir makassar, garis pantai Makassar.
3. Reklamasi pantai makassar akan menghilangkan ekosistem perairan pesisir seperti terumbu karang, tanaman bakau, hutan mangrove, lamun yang terdapat di pesisir kota makassar.
4. Hilangnya ekosistem pesisir di pantai boulevard manado, pulau serangan, sanur bali, dan Jakarta adalah contoh buruknya reklamasi (penimbunan) pantai.
5. Reklamasi menghilangkan akses masyarakat terhadap pesisir dan laut.
6. Reklamasi pesisir masyarakat menghilangkan mata pencaharian / sumber penghidupan masyarakat (nelayan).
7. 1000 lebih nelayan makassar sudah kehilangan sumber penghasilan dan berubah profesi menjadi tukang bangunan dan pekerja informal.
8. Lahan hasil reklamasi bukan untuk masyarakat, melainkan untuk pengusaha properti.
9. PT Ciputra, PT GMTDC adalah perusahaan yang paling banyak mendapatkan keuntungan dari hasil reklamasi. Karena masyarakat harus membeli, membayar ke perusahaan tersebut terlebih dahulu sebelum mengakses pesisir.
10. Lahan baru hasil reklamasi seluas 157,23 Ha akan diperjual belikan oleh PT Ciputra seluas 107 Ha.
11. Reklamasi pantai barat makassar seluas 157,23 Ha untuk pembangunan CPI adalah cara PT Ciputra menguasai pesisir pantai barat Makassar.
12. Reklamsi pantai makassar telah melanggar berbagai peraturan perundang – undangan diantaranya; UU 26 tahun 2007, PP 26 tahun 2007, PP 26 tahun 2008, UU nomor 1 tahun 2014, perpres no 55 tahun 2001, permen KP nomor 17 tahun 2013.
13. Secara keseluruhan penimbunan laut atau reklamasi pantai tidak akan memberikan manfaat bagi masyarakat, tidak akan meningkatkan taraf hidup masyarakat, tidak untuk kepentingan rakyat, penimbunan laut atau reklamasi pantai adalah keinginan pengusaha agar semakin kaya.

Penulis : Hutomo
Red : Yudha

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.