Soal Ujian SM-PTS UMI Jauh dari Kualitas

IMG_9845
Suasana saat usai mengikuti ujian seleksi di depan gedung Fakultas Kedokteran UMI / foto: Her

Makassar, Cakrawala – Proses ujian seleksi masuk perguruan tinggi di Universitas Muslim Indonesia (UMI) dinilai tak berjalan sesuai harapan.

Beberapa yang di nilai tidak sesuai harapan itu diantaranya soal – soal ujian yang dianggap masih jauh kualitasnya daripada di perguruan tinggi terkenal lainnya di Makassar, seperti di Universitas Hasanuddin (UNHAS), Universitas Negeri Makassar (UNM), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

“Kalau soal-soal ujiannya tadi, masih relatif mudah untuk di jawab” ujar Imam, salah satu calon mahasiswa baru. Dia menambahkan, Ujian seleksi masuk di perguruan tinggi lain masih cenderung rumit untuk di jawab. “Mungkin antara kampus Swasta dan kampus Negeri memiliki soal-soal ujian yang berbeda tingkat kesulitannya” tambahnya.

Dalam Proses ujian seleksi masuk perguruan tinggi di UMI, soal-soal Ujiannya terdiri atas 120 (Seratus Dua Puluh) soal, diantaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Biologi, Kimia, dan IPA Terpadu. Seharusnya, soal-soal Ujian Masuk Perguruan tinggi di UMI sudah di buat selevel dengan perguruan tinggi terkenal lainnya di Makassar, sehingga UMI tidak dianggap hanya menargetkan kuantitas mahasiswa, tapi kualitas mahasiswa juga menjadi targetan utama kampus UMI.

Penulis: Khay
Red: Her

redaksi

One thought on “Soal Ujian SM-PTS UMI Jauh dari Kualitas

  1. Terkait dengan soal ujian. Jika ingin disetarakan, menurut saya sulit. Camaba yang mendaftar di UMI rata rata yang sudah pernah gagal di universitas yang didambakan. Jika soalnya ingin di levelkan dengan Unhas dan lainnya (yang notabennya masuk dalam soal2 SBMPTN), lebih baik tingkatkan pengajaran dan pembelajaran, bukan dari soal ujiannya. Karena cara belajar calon mahasiswa dapat dirubah seiring dengan serius tidaknya dia di universitas nanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *