Mahasiswa FE Keluhkan Harga Buku Mahal

Mahasiswa FE Keluhkan Harga Buku Mahal

Makassar, cakrawalaide.com – Mahasiswa Fakuktas Ekonomi (FE) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Jurusan Akuntansi, keluhkan mahalnya harga buku yang wajib dimiliki oleh mahasiswa, Selasa (25/9/2018).

Tiga buah buku wajib yang dibebankan kepada mahasiswa diantaranya, Akuntansi Keuangan seharga 250,000- , Praktek Akuntansi Keuangan 150,000-, Statistik 92,500-.

Menurut salah satu mahasiswa yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan, kebijakan dosen yang menjual buku sangatlah membebani mahasiswa.

“Membebani mahasiswa, terlalu mahal harga bukunya,” ucapnya.

Ia juga sangat menyayangkan pernyataan dari salah satu dosen yang mengancam mahasiswa tidak bakal diikutkan dalam pembelajaran jika tidak memiliki buku.

“Ada dosen bilang kalau tidak punya buku dilarang masuk kelas,” keluhnya.

Mahalnya Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) sejumlah 5.250,000- per semester menjadi salah satu faktor yang dikeluhkan oleh mahasiswa yang tak ingin disebutkan identitasnya ini. Ia berharap pihak fakultas agar dapat meringankan beban pembiayaan kepada mahasiswa.

“Bisaji iya tapi jangan mi mahal sekali, belum bayar SPP ta, bayar kos, dan masih banyak lagi mau dibayar,” pungkasnya.

Menanggapi permasalahan ini, mahasiswa Ekonomi jurusan akuntansi angkatan 2016 juga angkat bicara. Mengacu pada pernyataan yayasan yang tidak membenarkan adanya pembiayaan yang dibebankan oleh mahasiswa selain dari SPP/BPP.

“Kalau memang buku wajib seperti itu menjadi kebutuhan mendasar dalam pembelajaran, seharusnya sudah diingklutkan juga dalam pembayaran SPP/BPP,” ujar Afif.

Ia juga menambahkan bahwa pemberlakuan aturan semacam itu haruslah mempertimbangkan kondisi sosial dari para mahasiswa, khususnya bagi mahasiswa yang kurang mampu.

Penulis : Parle
Red : Izhan Ide

Sumber gambar : https://m.cnnindonesia.com

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *