Pelayanan Ijazah Lambat, Birokrasi Hambat Prospek Kerja Alumni

pendidikan
ilustrasi

Makassar, Cakrawalaide.com – Kinerja birokrasi UMI kembali mendapat sorotan. Protes atas kinerja ini datang dari para alumni UMI. Beberapa alumni mengeluhkan proses birokrasi yang lamban dalam melayani pengambilan Ijazah.

Alumni yang telah berulang kali menghadap petugas pelayanan Ijazah di Lantai 8 Menara UMI. Namun selalu saja lamban dan berbuah beberapa penundaan dengan alasan rektor yang belum menandatangani Ijazah dan Ijazah yang masih tahap cetak.

Penundaan dan ketidakpastian dari birokrasi membuat para alumni berang. Mereka menganggap bahwa rektorat selalu menunda proses ini. Dan lebih mengutamakan Maba daripada pelayanan terhadap alumni.

Proses yang lambat ini, tentu menjadi batu sandungan bagi para alumni yang melamar pekerjaan. Beberapa lamaran mereka ditolak karena tak melampirkan Ijazah.

Menurut Suci Hijrah Dini, alumni Fakultas Ekonomi, bahwa beberapa tempat kerja memang tak menerima pelamar yang tidak melampirkan Ijazah. Sebelumnya untuk menghadapi hal-hal semacam ini, birokrasi UMI memberikan kepada alumni Surat Keterangan Lulus (SKL) sebagai pegangan sebelum ijazah keluar.

Namun SKL ini tak berlaku di beberapa perusahaan (lapangan kerja). Suci yang mendaftar di Program Profesi Akuntansi (PPAK) Unhas, tak bisa mendaftar karena yang menjadi persyaratan adalah Ijazah, bukan SKL.

Ia juga mengaku bahwa beberapa temannya yang mendaftar di beberapa instansi swasta tak diterima karena Ijazah yang terlambat keluar. “Syukur CPNS di undur kalau tidak, alumni pasti banyak yang protes” ujar suci

Penulis: Walla
Red: Her

redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *